Pamflet Webinar Investasi Keuangan BEM Kema FPsi UNM.
Sumber: BEM Kema FPsi UNM

Psikogenesis, Sabtu (08/01)- Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) melaksanakan webinar Investasi Keuangan dengan tema "Yuk, Belajar Investasi dari Sekarang" melalui Zoom Cloud Meeting pada Jumat siang (07/01).

Yuli Oktaviani, pemilik @mystory_hijab bertindak sebagai pemateri memberi wawasan kepada peserta tentang bentuk-bentuk investasi dan kelebihan maupun kekurangan masing-masing bentuk investasi, sekaligus memberi pandangan tentang bentuk investasi yang menguntungkan bagi mahasiswa.

"Emas bisa menjadi pilihan optimal untuk teman-teman mahasiswa, harga emas selalu meningkat secara stabil dan potongannya tidak tinggi. Saya rasa lima ratus ribu (rupiah) untuk setengah gram masih tergolong murah dan terjangkau untuk mahasiswa berinvestasi," jelasnya.

Pemateri yang merupakan lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Pasundan ini juga menambahkan tips tentang bentuk investasi yang efektif bergantung pada modal dan tujuan peserta sebagai salah satu manfaat praktis dari mengikuti webinar Investasi Keuangan ini.

"Tergantung pada tujuan dan modal yang kalian punya, kalau mau keuntungan stabil dan pasti tetapi berjangka waktu lama, bisa investasi dalam bentuk real assets. Kalau mau keuntungan yang cepat bisa coba crypto atau pasar saham," tambahnya.

Di akhir webinar, Yuli Oktaviani berbagi pengalaman tentang bagaimana dirinya terjun ke dunia investasi, sebagai respon terhadap pertanyaan salah satu peserta dan gambaran mahasiswa dalam berinvestasi.

"Saya dulunya juga mahasiswa yang belum punya pendapatan ya, jadi beraninya berinvestasi di aset seperti emas karena nilainya stabil dan pasti. Saat itu belum berani berinvestasi di saham karena sangat beresiko, kalau salah pilih bisa-bisa investasi saya turun ke nol. Sekarang sudah mencoba investasi di obligasi dan saham, meskipun prioritas investasi tetap di aset," tutup Yuli. (AR)

Posting Komentar