Pamflet Pengunduran Pelaksanaan Pemilu Kema FPsi UNM 2022.
Sumber: Dok. KPU Kema FPsi

Psikogenesis, Rabu (16/03)- Pemilihan Umum (Pemilu) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) tahun 2022 yang harusnya diadakan hari ini (16/03) ditunda hingga Kamis (17/03) karena laman Pemilu yang belum rampung.

Muhammad Askar Rakhmad D, selaku ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kema FPsi tahun 2022, menjelaskan bahwa idealnya hari ini (16/03) sudah memasuki tahapan Pemilu, namun diundur hingga Kamis (17/03) karena pembuatan laman Pemilu yang belum rampung.

"Pemilu yang kami rancang di awal adalah proses Pemilu berbasis online (baca: daring). Yang mengelola itu (baca: laman Pemilu) dari Anggota KPU, namun, masih butuh bantuannya orang luar (baca: KPU) dalam pembuatannya. Konfirmasi terakhir dari pembuat website (baca: laman) akan disegerakan rampung," jelasnya.

Sebagai gantinya, tahapan Sosialisasi II (dua) yang juga tertunda akibat laman yang belum rampung, akan dilaksanakan pada hari Rabu (16/03) sore melalui Zoom Cloud Meeting. Sosialisasi II oleh KPU dimaksudkan untuk mensosialisasikan mekanisme pemilihan yang akan dilaksanakan esok hari (17/03).

"Terkendala di website juga, sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan Sosialisasi tahap II di hari pertama masa tenang. Sosialisasi tahap II tentang tata cara pemilihan, berbeda dengan tahap I (baca: satu) tentang bagaimana pemilu secara umum, cara mencalonkan presiden dan anggota maperwa, tahap II diadakan untuk mensosialisasikan mekanisme pemilihan," urainya.

Dengan diundurnya berbagai agenda KPU sebelumnya, mahasiswa yang akrab disapa Askar, mewakili KPU akan mengusahakan agar tidak ada kasus pengunduran lagi untuk tahap pemilihan.

"Kita tidak tahu kedepannya masalah apa yang dialami. Tapi kami dari KPU sangat mengusahakan tidak akan ada pengunduran-pengunduran lagi," tutup Askar. (AR)

Posting Komentar