Muh. Ilham, Duta Inspirasi Indonesia Batch 4 Mewakili Sulawesi Selatan.
Sumber: Dok. Duta Inspirasi Indonesia

Psikogenesis, Rabu (02/03) - Muh. Ilham, mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) terpilih sebagai Duta Inspirasi Indonesia (DII) batch 4 mewakili Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang berlangsung secara daring melalui Zoom Cloud Meeting yang diumumkan pada Minggu (27/02) dan dilantik pada Selasa (01/03) kemarin.

Mahasiswa FPsi UNM dengan sapaan akrab Ilham yang merupakan angkatan 2018 ini memaparkan bahwa DII adalah program yang  didukung langsung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia. 

“Duta Inspirasi Indonesia (DII) sekarang berdiri sendiri. Adapun programnya disupport (baca: didukung) langsung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora),” paparnya.

Ilham lanjut menyampaikan terkait jumlah peserta yang berpartisipasi dan bersaing dalam ajang DII berjumlah ratusan yang kemudian disaring menjadi 68 Duta.

“Yang daftar 400-an, kemudian disaring jadi 200-an untuk lanjut ke tahap interview (baca: wawancara), terus terakhir yang terpilih sebanyak 68 yang merupakan perwakilan dari 34 Provinsi (1 Putra dan 1 Putri),” ungkapnya.

Mahasiswa berusia 22 tahun ini juga menjelaskan mengenai tahap pemilihan DII dan adanya tantangan yang harus diikuti oleh setiap peserta.

“Setelah pengumuman seleksi berkas, dipilih maks (baca: maksimal) lima finalis putra dan putri untuk lanjut ke tahap interview, selain itu ada challenge (baca: tantangan) yang wajib dikerjakan yaitu buat video dengan waktu pengerjaan satu hari video diupload (baca: diunggah) di Instagram masing-masing finalis terpilih,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ilham menyampaikan bagaimana ia akan fokus menjalankan program Library and LinkedIn dari DII. 

“Dari Duta Inspirasi Indonesia sudah ada beberapa program, dan waktu seleksi aku fokusnya di Program Duta Inspirasi Library and LinkedIn, fokusnya di bidang literasi dan mengelola LinkedIn dari DII. Untuk spesifik programnya, itu nanti disesuaikan apakah sama seperti di batch sebelumnya ataupun ada inovasi berdasarkan project campaign yang sebelumnya diusulkan oleh peserta waktu pendaftaran,” jelasnya.

Ilham pun mengaku tidak menyangka bisa terpilih dan merasa sangat bersyukur mendapatkan kesempatan menjadi DII wakili Sulsel.

“Sejujurnya juga nggak nyangka, daftarnya pas hari terakhir dan sempat lama mikir antara ikut atau tidak, karena saya tahu yang daftar orang hebat semua. Perasaannya sangat bersyukur bisa dapat kesempatan menjadi Duta Inspirasi wakili Sulawesi Selatan,” ucapnya.

Sebagai penutup, Ilham juga menyampaikan kesan dan harapannya setelah terpilih menjadi DII Sulsel.

“Untuk kesannya ini kesempatan luar biasa yang diberikan dari DII dan tidak mudah untuk lolos dari sekian banyaknya pendaftar. Kemudian harapannya seperti yang sebelumnya saya sampaikan, bisa berkontribusi secara maksimal, mengikuti seluruh rangkaian kegiatan secara aktif, dan semoga bisa memberikan banyak manfaat kepada masyarakat,” tutupnya.(BFT)

Posting Komentar