Agenda Pemaparan Visi dan Misi Kandidat Calon Presiden BEM Kema FPsi UNM di SS Cafe Jl. Tamalate No. 17 pada Minggu (13/03).
Sumber: Dok. Pribad
i

Psikogenesis, Senin (14/03)- Pemaparan Visi dan Misi Calon Presiden (capres) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) menuai kritikan dan evaluasi dari panelis dan masyarakat Kema FPsi UNM yang berlangsung secara blended pada Minggu (13/03) di SS Cafe Jl. Tamalate No. 17 dan Zoom Cloud Meeting.

Muhammad Rhesa yang merupakan salah satu panelis memberikan tanggapannya mengenai visi misi yang dibuat oleh capres BEM Kema FPsi UNM bahwa seharusnya visi misi yang dibuat tidak hanya berfokus pada lingkup FPsi UNM melainkan harus melebihi dari fakultas

"Berdasarkan visi misi yang tadi saya sebenarnya berharap agar visi misi-nya itu bukan hanya bicara sekedar lingkup fakultas (baca : FPsi UNM) saja, tapi sudah harus berpikir dari fakultas dia harus membaca gerakan yang ada di luar fakultas, narasi, isu yang ada di luar fakultas kemudian dianalisis di dalam," ungkapnya saat diwawancara setelah agenda pemaparan visi misi.

Lebih lanjut, Muhammad Rhesa yang akrab disapa Eca, menjelaskan bahwa pemaparan visi misi yang disampaikan oleh capres BEM Kema FPsi UNM harusnya lebih menekankan pada moral dan isu sosial melainkan pengembangan minat dan bakat yang sejatinya sudah menjadi visi dan misi tersendiri untuk Biro Kegiatan Mahasiswa (BKM).

"Tadi kan fokus kepada pengembangan minat bakat, secara pribadi itu kan tugasnya BKM umumnya. Yang ada di Lembaga Kemahasiswaan itu harusnya peningkatan moral sosial (baca: isu-isu)," jelasnya.

Disamping dari itu, Eca juga menyampaikan bahwa dirinya merasa calon Ketua BEM belum mampu meracik strategi dan konsep, sehingga belum ada integrasi antara visi misi dengan program kerja yang dibayangkan oleh capres.

"Saya belum menemukan calon Ketua BEM mampu meracik strategi dan konsep, karena sangat banyak menggunakan kata barangkali atau bisa, atau mungkin bisa. Itu tanda tanda bahwa belum sistematis dan terintegrasi antara visi misi dan program kerja yang dia bayangkan," ungkapnya 

Sejalan dengan Eca, Asmar Tahirman yang juga sebagai panelis di pemaparan visi misi capres BEM Kema FPsi UNM menilai bahwa visi misi seperti yang sudah disampaikan capres layaknya visi misi yang harusnya dimiliki oleh calon ketua Biro Kegiatan Mahasiswa (BKM).

"Penilaian saya kalau visi misi-nya seperti ini tidak usah jadi calon presiden, calon ketua BKM (baca: saja). Saya harapannya sepastinya capres mampu mengevaluasi apa yang menjadi petak setelah pemaparan visi dan misi, kembangkan visi dan misi-nya yang baru kalau begini (Baca: visi misi capres) mending tidak usah jadi ketua BEM, calon saja sebagai ketua BKM," ucapnya saat memberikan tanggapan dalam agenda pemaparan visi misi. 

Tidak hanya itu, kritikan juga datang dati Akbar Hidayat Syarif selaku salah satu masyarakat Kema sekaligus calon Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (Maperwa) Kema FPsi UNM. Ia juga menilai bahwa visi misi yang disampaikan oleh capres BEM Kema FPsi UNM tidak sesuai dan tidak relevan.

"Tidak relevan visi misi-nya dengan apa yang mau dijalankan, tidak sesuai visi misi dengan apa yang memang sebenarnya menjadi tanggung jawab dari BEM. Terwujudnya Kema sebagai wadah itu bukan hanya tugas dari BEM tapi itu merupakan tugas dari Maperwa FPsi UNM, dan tugas dari BKM," jelasnya.

Lebih lanjut, mahasiswa yang kerab disapa Akbar ini menyampaikan harapannya kepada Capres BEM Kema FPsi UNM untuk sekiranya mengembangkan dan membuat visi misi yang lebih spesifik, serta menjalankannya berdasarkan tujuan yang ingin dicapai.

"Ada baiknya mungkin Presiden (baca : Kandidat Calon Presiden BEM Kema FPsi UNM) lebih mengembangkan visi misi-nya, lebih spesifikkan visi misi-nya, dan menjalankan apa yang telah menjadi visi dari tujuan yang akan dicapai," harapnya.

Akhir kata, Eca juga mengharapkan untuk capres BEM Kema FPsi UNM agar sekiranya memperbaiki dan membesarkan visi misi-nya agar moral kualitas berorganisasi di FPsi UNM terjadi peningkatan.

"Perbaiki visi misi-nya, jadi ya visi misi-nya harus dibesarkan agar moral kualitas berorganisasi di FPsi UNM juga mengalami peningkatan," harapnya. (HF)

Posting Komentar