Ilustrasi Growth Mindset.
Sumber: Pinterest

Siapa sih di sini yang tidak mau sukses? Semua orang kemungkinan besar pasti ingin sukses, tetapi sayang masih banyak orang yang beranggapan kalau sukses itu harus pintar, mereka masih berpikir orang sukses itu pasti pintar. Hal itu masih kurang tepat, masih banyak faktor lain yang menunjang kesuksesan seseorang, misalnya mindset. Mindset sendiri itu adalah sikap yang ditetapkan atau gagasan tetap yang dimiliki seseorang dan seringkali sulit untuk diubah. Ternyata menurut Carol Dweck, mindset yang diadopsi itu sangat mempengaruhi cara kita mengarahkan hidup Anda, itu juga menjadi faktor yang menentukan seberapa berhasil kita nantinya.

Psikolog ini juga menawarkan mindset seperti apa yang seseorang harus punya, dia menamakannya growth mindset. Growth mindset adalah mindset yang menganggap bahwa bakat dan kemampuan sebagai hal yang bisa berkembang sebagai potensi yang membuhakan hasil melalui usaha, latihan, dan instruksi. Mindset ini percaya bahwa diri seseorang itu dapat dikembangkan, dapat dilatih dengan kerja keras. Meskipun manusia berbeda dalam berbagai hal, misalnya bakat dan kemampuan awal, minat, atau tempramen mereka. Setiap orang dapat berubah dan berkembang melalui pembelajaran dan pengalaman.

Orang yang memiliki mindset ini tidak percaya bahwa setiap orang memiliki potensi yang sama atau setiap orang bisa menjadi bisa menjadi Steve Jobs, tetapi mereka memahami seorang Steve Jobs tidak akan menjadi Steve Jobs tanpa tahun-tahun penuh tantangan, kerja keras, dan latihan. Orang dengan growth mindset tidak hanya mencari tantangan, tetapi juga bersungguh-sungguh menjalaninya. Semakin besar tantangan maka semakin marak berkembang. Orang dengan mindset ini percaya bahwa proses lebih penting daripada hasilnya.

Ini ada beberapa ciri orang dengan growth mindset yang bisa kamu cek ada pada dirimu atau tidak:

• Memiliki keyakinan bahwa intelegensi, bakat, dan sifat bukan merupakan fungsi hereditas/keturunan. 

• Menerima tantangan dan bersungguh-sungguh menjalankannya. 

• Tetap berpandangan ke depan dari kegagalan. 

• Berpandangan positif terhadap usaha. 

• Belajar dari kritik.

• Menemukan pelajaran dan mendapatkan inspirasi dari kesuksesan orang lain.

Nah itu dia ciri-cirinya kalian punya gak? Kalau tidak punya kalian harus punya segera belajar, kalau sudah punya harus dipertahankan dan ditingkatkan lagi, biar kita semua bisa jadi orang sukses. (TFR)

Daftar Pustaka

Dweck, Carol S. (2006). Mindset : The New Psychology of Success. New York : Ballantine Book.

Oxford Learners Dictionary. (2022). “Definition of Mindset”. Oxford University. Tersedia pada https://www.oxfordlearnersdictionaries.com/ . Diakses pada tanggal 04 Maret 2022

Posting Komentar