Uji Coba Skala Kelompok 4 KKP FPsi UNM di Balai Pemasyarakatan Kelas I Makassar.
Sumber: Dok. Pribadi

Mahasiswa Kuliah Kerja Profesi (KKP) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) kelompok 4 yang bertempat di Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Makassar lakukan uji coba skala di Balai Rehabilitasi Sosial Anak Memerlukan Perlindungan Khusus (BRSAMPK) Toddopuli, Makassar, pada Senin, (17/05) dan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak, (LPKA) Maros, pada Rabu (25/05) kemarin.

Kelompok yang beranggotakan Suriana, Fitriah Gita Maharani Hasanuddin, Dinda Ramadhani Lestari, Tri Anugrah Eni, Dewani Tenribali dan Erlita Auratul Ayun ini mengusung program kerja (proker) pembuatan skala konformitas untuk klien anak berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang telah dilakukan.

Skala konformitas yang nantinya akan menjadi hasil jadi dari proker kelompok bertujuan sebagai asesmen awal pada klien anak di Bapas Kelas I Makassar untuk menilai ada tidaknya bentuk konformitas yang memotivasi terjadinya tindak pidana pada klien anak terkait.

Suriana sebagai salah satu anggota kelompok menyampaikan bahwa akan ada sosialisasi terkait skala yang sudah selesai dan bertujuan untuk menginformasikan bahwa skala sudah bisa digunakan sebagai asesmen awal.

"Rencananya akan diadakan sosialisasi terkakit skala ini setelah skalanya selesai, tujuannya supaya semua pembimbing kemasyarakatan paham kalau asesmen ini sudah bisa digunakan," tutur mahasiswa yang akrab disapa Ana itu.

Ana turut menyampaikan bahwa kelompok 4 berharap instrumen yang telah mereka buat bisa memudahkan pegawai Bapas Kelas I Makassar kedepannya.

"Harapan kelompok kami sih, skala yang kami buat bisa berguna dan lebih memudahkan pegawai-pegawai dalam pengambilan asesmen awal di kemudian hari," tutupnya.

Posting Komentar