Sahwa Ainul Magfirah meraih juara pertama Lomba Orasi Ilmiah Politeknik STIA LAN.
Sumber: Dok. Pribadi

Psikogenesis, Minggu (05/06)- Mahasiswi Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) Sahwa Ainul Magfirah meraih juara pertama Lomba Orasi Ilmiah Politeknik yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makassar pada Jumat (03/06) lalu.

Sahwa Ainul Magfirah atau yang akrab disapa Sahwa peraih juara pertama dalam lomba Orasi Ilmiah Politeknik STIA LAN Makassar menjelaskan bahwa Orasi Ilmiah sendiri merupakan bentuk penyampaian informasi yang disajikan berdasarkan fakta, dan data-data akurat yang bisa diterima secara ilmiah yang diperlombakan antar mahasiswa(i) se-Sulawesi Selatan.

“Jadi orasi ilmiah itu adalah bentuk penyampaian informasi yang disajikan berdasarkan fakta, dan data-data akurat yang bisa di terima secara ilmiah. Kegiatan ini merupakan Lomba Orasi Ilmiah tingkat mahasiswa se-Sulawesi Selatan,” jelas Sahwa.

Dalam lomba Orasi Ilmiah tersebut, Sahwa secara independen mendaftarkan diri mewakili UNM, dan menjadi satu-satunya mahasiswa yang menjadi finalis dari UNM lalu berhasil menduduki peringkat pertama dalam lomba Orasi Ilmiah tersebut.

“Sahwa daftarnya individu tapi mewakili kampus UNM dan Sahwa juga satu-satunya finalis dari UNM. Alhamdulillah diberi rejeki mendapat juara 1,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Sahwa menjelaskan rangkaian kegiatan Lomba Orasi Ilmiah terdiri dari dua tahap. Pada tahap pertama, merupakan tahap seleksi berkas yang menyeleksi sepuluh peserta terbaik, kemudian di tahap kedua yaitu tahap presentasi orasi pada Jumat (03/06) yang lalu, didahului dengan technical meeting pada Rabu (01/06).

“Nah, di tahap pertama itu sendiri dipilih sepuluh besar peserta untuk lolos ke tahap 2 untuk melakukan presentasi. Sebelum tahap dua yaitu presentasi di tanggal 3 Juni 2022 tersebut terlebih dahulu di adakan technical meeting di tanggal 1 Juni 2022 untuk membahas teknis lomba pada saat presentasi,” paparnya.

Sebagai penutup, Sahwa menjelaskan perasaan dan harapannya terhadap Lomba Orasi Ilmiah Politeknik STIA LAN ini yaitu agar dirinya mendapat tantangan, ilmu, pengalaman, dan relasi baru, serta dapat menjadi lebih baik.

“Kegiatan lomba orasi ini saya tidak berambisi menang sama sekali, karena persiapan juga sangat kurang jadi saya hanya berharap bisa menghadapi tantangan baru, mendapat ilmu baru, menambah pengalaman, menambah relasi, dan juga saya berharap bisa lebih baik kedepannya dengan belajar dari pengalaman ini,” tutup sahwa. (ESS)

Posting Komentar