Abd. Wahid Mahasiswa FPsi UNM dengan Tropi The Winner of Duta Lingkungan Hidup Kota Makassar
Sumber: Dok. Pribadi
Psikogenesis, Kamis (23/06)- Abd Wahid, mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) angkatan 2019 terpilih sebagai The Winner of Duta Lingkungan Hidup Kota Makassar. Ajang yang diadakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar ini telah berlangsung pada Sabtu-Rabu (18-22/06) yang berlokasi di Hotel Gammara Makassar. 

Abd Wahid memaparkan rangkaian kegiatan dimulai dari tahap awal yakni technical meeting, tes tertulis, karantina, orasi, hingga penentuan juara.

"Rangkaian kegiatan yang dilalui dimulai dari technical meeting, kemudian dilanjutkan dengan tes tertulis. Selanjutnya, diumumkan-lah 24 finalis yang lanjut ke tahap karantina, karantina terdiri atas berbagai macam tahap, seperti talent show, recycle costum, dan pemaparan gagasan kreatif. Lalu, lanjut ke tahap 6 besar yang mana terdapat sesi orasi, dinilai oleh dewan juri yang berkapabilitas dan kredibel di bidangnya. Setelah itu, masuklah ke tahap 3 besar dan penentuan Winner (baca: pemenang)," urainya via WhatsApp.

Mahasiswa yang akrab disapa Wahid ini menjelaskan bahwa gelar yang diperolehnya akan berlangsung selama satu periode kedepan.

"Officially (baca: resminya), gelar yang didapatkan ialah The Winner of Duta Lingkungan Hidup Kota Makassar tahun 2022, selama satu periode ke depan," tambah Wahid.

Wahid juga menambahkan beberapa keuntungan yang ia dapatkan dalam ajang ini, seperti hadiah berupa uang tunai serta trophy (piala). 

"Benefit (baca: keuntungan) secara materi sebagai winner ada beberapa rewards (baca: hadiah), seperti uang tunai dan trophy," ungkapnya.

Lebih lanjut, Wahid mengungkapkan terkait hak dan kewajibannya sebagai Duta Lingkungan Hidup Kota Makassar akan diketahui setelah menandatangani pakta integritas nantinya.

"Untuk hak dan kewajiban sendiri nantinya akan kami ketahui bersama setelah menandatangani pakta integritas. Pada intinya, kami telah mengemban amanah sebagai pelopor pengentasan isu lingkungan khususnya di Kota Makassar," lanjutnya.

Sebagai Duta Lingkungan Hidup, Wahid berharap teman-temannya tetap memberikan dukungan dan bekerjasama dalam mengemban amanah tersebut.

"Saya berharap bisa senantiasa mendapat dukungan dari teman dan bisa tetap bekerjasama dalam mengemban amanah dan melaksanakan tanggung jawab sebagai Duta Lingkungan Kota Makassar," tutupnya. (IM)

Posting Komentar