Penyerahan secara Simbolis, Piagam Pilmapres 2022 FPsi UNM oleh WD III kepada Salah Satu Peserta
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Minggu (12/06)- Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2022 Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) telah mengumumkan Sahwa Ainul Magfirah sebagai juara pertama pada Sabtu (11/06) di ruang rapat Gedung BM FPsi UNM.

Podium Pilmapres diikuti oleh Imam Dedikasi Malik Nur sebagai Juara kedua, Agun Sesar sebagai juara ketiga, dan Abiyyu Arib Mahyiyuddin R. sebagai juara keempat. Dengan terpilihnya sebagai Pilmapres satu, Sahwa Ainul Magfirah merasa bersyukur dan bangga bisa mendapatkan posisi tersebut.

"Alhamdulillah Sahwa sangat bersyukur, bangga dan bahagia karena telah diberi amanah untuk menjadi Juara 1 Mahasiswa Berprestasi Fakultas Psikologi UNM," ungkapnya.

Lebih lanjut mahasiswa yang akrab disapa Sahwa ini menjelaskan bahwa dirinya sudah mengikuti Pilmapres sejak 2021 dan kembali mengikuti kembali Pilmapres di tahun ini.

"Sahwa mulai berproses dalam Pilmapres itu dari tahun 2021, waktu itu Sahwa masih semester 2 tapi mencoba daftar Pilmapres 2021 dan Alhamdulillah Tahun 2021 menjadi Juara 5. Untuk pengalaman yang Sahwa dapat dari tahun 2021 tersebut Sahwa mencoba lagi untuk tahun 2022 dan Alhamdulilah Sahwa ikuti alur prosesnya dan Alhamdulillah menjadi juara 1," jelas Sahwa saat di wawancarai via WhatsApp.

Mahasiswa angkatan 2020 ini juga menyampaikan proses seleksi dalam Pilmapres FPsi UNM melalui proses wawancara, presentasi poster, dan pembuatan video dalam Bahasa Inggris.

"Setelah dinyatakan sebagai finalis Pilmapres, setiap finalis diperkenankan membuat gagasan kreatif, melampirkan maksimal 10 capaian unggulan (baca: prestasi yang pernah di raih) dan akan dilakukan validasi melalui proses wawancara, membuat poster diri dengan tujuan untuk melakukan personal branding, membuat poster gagasan kreatif yang kemudian dicetak dan digunakan pada saat presentasi serta membuat video dalam Bahasa Inggris," jelasnya.

Adapun kendala yang dialami mahasiswa kelahiran Bulukumba ini, mengaku sulit dalam memanajemen waktunya saat mempersiapkan Pilmapres 2022 FPsi UNM. 

"Untuk kendala Sahwa itu ada di management waktu karena selama persiapan Pilmapres adalah masa-masa mengerjakan tugas kuliah dan Ujian Akhir Semester, Sahwa juga cukup aktif di organisasi sehingga waktu persiapan untuk Pilmapres masih kurang dan Sahwa juga sedikit kewalahan 2 hari sebelum Pilmapres tapi dengan izin Allah semua bisa dilalui," ungkapnya. 

Akhir kata Sahwa berharap mahasiswa FPsi lebih berani dalam mengukir prestasi yang membawa pengaruh positif bagi mahasiswa dan FPsi UNM.

"Harapannya Sahwa, semoga kedepannya mahasiswa-mahasiswa Psikologi lebih memberanikan diri dan memiliki keinginan yang kuat untuk mengukir prestasi-prestasi, membanggakan nama Fakultas Psikologi dan universitas Negeri Makassar. Sahwa juga berharap semoga kedepannya bisa lebih bermanfaat dan tetap konsisten untuk melakukan hal-hal yang positif. Untuk kakak-kakak dan teman-teman Fakultas Psikologi juga semoga proses dan perjuangan di fakultas memberikan pengaruh positif untuk masa depan yang lebih baik," tutupnya. (HF)

Posting Komentar