Menteri Pembangunan Desa PDTT RI saat Menyampaikan Kuliah Umum Secara Luring di Ballroom Teater Lt. 3 Gedung Phinisi UNM pada Selasa (07/06).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Selasa (07/06)- Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT)  dirangkaikan dengan Kuliah Umum  bertemakan 'Transformasi Pembangunan Sumber Daya Manusia Untuk SDGs Desa Melalui Inovasi Perguruan Tinggi Menuju Indonesia Maju' yang berlangsung di Ballroom Teater Lt.3 Gedung Phinisi UNM pada Selasa (07/06) siang tadi.

Hasnawi selaku Wakil Rektor (WR) 1 bidang Akademik UNM menyampaikan bahwa dasar dalam mengadakan kuliah umum berserta penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan PKB dengan Kementerian Desa PDTT adalah bentuk dari pengimplementasian program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

"Salah satu tranformasi yang dilakukan oleh UNM adalah mengimplementasikan program dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi yaitu program MBKM, membangun desa merupakan salah satu bentuk kegiatan pembelajaran yang dapat dipilih oleh para mahasiswa kita, UNM memandang sinergitas yang positif dan produktif antar perguruan tinggi dengan pemangku kepentingan desa dalam hal ini Kementerian Desa PDTT menjadi salah satu faktor kunci," ungkapnya.

Sebagai Rektor UNM, Husain Syam mengaku sangat berbangga dapat bekerja sama dengan Kementrian Desa PDTT karena memiliki banyak Sumber Daya Manusia (SDM) yang diharapkan mampu menjadi bagian penting dari Pembangunan Desa dengan memberikan bimbingan, pembinaan, dan pengajaran kepada mahasiswa.

"Oleh karena itu saya kira sangat berbangga kita dalam bekerja sama Kemendes (baca: Kementerian Desa) karena begitu SDM kita punya tentu bagian dari peningkatan kualitas sumber daya manusia dari mahasiswa kemudian kita bimbing kita bina kita ajar untuk menjadi bagian dari program-program yang ada," jelas Rektor UNM dalam sambutannya. 

Sejalan dengan Rektor UNM, A. Halim Iskandar Menteri Pembangunan Desa PDTT RI yang sekaligus menjadi pemateri dalam kuliah umum menyampaikan bahwa dirinya akan membuka komunikasi kepada pemerintah daerah Sulawesi Selatan agar menjadikan UNM sebagai induk peningkatan SDM di Sulawesi Selatan.

"Hal yang seperti ini menjadi salah satu yang sangat penting di kementerian ini, termasuk misalnya perguruan tinggi bekerja sama dengan pemerintah daerah dengan koordinasi dan fasilitasi Kementerian Desa. UNM nanti juga kita akan coba komunikasikan dengan pemerintah daerah di Sulawesi Selatan, siapapun pemerintah daerah Sulawesi Selatan kalau mau menaikkan sumber daya manusianya dengan anggaran APBD-nya nanti akan saya komunikasikan dengan UNM, supaya UNM menjadi induk peningkatan SDM di Sulawesi Selatan," ungkap Halim Iskandar saat menyampaikan materi dalam Kuliah Umum. (HF)

Posting Komentar