Finalis Pilmapres Tingkat Universitas.
Sumber: Dok. Pribadi

Psikogenesis, Jumat (08/07)- Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2022 tingkat Universitas sempat tertunda karena beberapa masalah teknis, pada Senin-Kamis (27-30/06) yang lalu telah sukses terlaksana dengan menghasilkan 3 juara dari 3 fakultas di Universitas Negeri Makassar (UNM).

Sahwa Ainul Magfirah, Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Fakultas Psikologi (FPsi) berhasil meraih juara 3 dalam Pilmapres Universitas menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan Pilmapres terdapat hambatan yakni ketidaksiapan pihak fakultas terhadap informasi yang tiba-tiba mengenai perubahan teknis dalam pelaksanaannya.

“Pilmapres ditunda karena kurangnya persiapan dari Mawapres tingkat fakultas dan informasi dari universitas yang tiba-tiba. Selain itu pemilihan Mawapres tingkat universitas tahun ini berbeda secara teknis dari tahun-tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya hanya menggunakan gagasan kreatif, presentasi menggunakan PowerPoint dan wawancara pimpinan, di tahun 2022 harus menyediakan gagasan kreatif, poster gagasan kreatif, poster diri, video Bahasa Inggris dan juga wawancara pimpinan,” ungkap Sahwa.

Selain dari pengadaan gagasan kreatif, poster, dan video ber-Bahasa Inggris, finalis Mawapres juga perlu menyiapkan berkas berupa capaian unggulan yaitu kumpulan bukti fisik atas penghargaan atau prestasi selama menjadi mahasiswa.

“Untuk video Bahasa Inggris di upload (baca: unggah) pada YouTube masing-masing finalis, gagasan kreatif dan deskripsi diri dipresentasikan menggunakan poster, capaian unggulan yang berupa kumpulan bukti fisik dari penghargaan atau prestasi yang pernah diraih selama menjadi mahasiswa,” paparnya.

Setelah berkas finalis dikumpulkan dan para finalis mempresentasikan gagasan kreatifnya, barulah finalis Mawapres melakukan wawancara pimpinan bersama Rektor UNM, Wakil Rektor (WR) bidang 1, 2, dan 4 UNM.

“Setelah melewati semua proses tersebut para finalis juga melakukan wawancara pimpinan bersama Rektor UNM, Wakil Rektor 1,2, dan 4 UNM,” lanjut Sahwa.

Sesuai penjelasan Sahwa, peserta Mawapres tingkat universitas merupakan finalis Mawapres tingkat fakultas dari 9 fakultas yang ada di UNM.

“Yang berhak mengikuti kegiatan tersebut adalah mahasiswa berprestasi 1 tingkat fakultas. Karena ada 9 fakultas di UNM maka ada 9 perwakilan fakultas yang bertanding di tingkat universitas,” jelas Sahwa.

Adapun peraih gelar Mahasiswa Berprestasi Utama 1 berasal dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dan gelar Mahasiswa Berprestasi Utama 2 berasal dari Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FIS-H).

“Untuk mahasiswa berprestasi 1 tingkat Universitas Negeri Makassar dari Fakultas Ilmu Pendidikan, dan Mahasiswa Berprestasi 2 tingkat Universitas Negeri Makassar dari Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum,” tutupnya. (ESS)

Posting Komentar