Pamflet PPK Ormawa HMJ Matematika FMIPA UNM.
Sumber: Dok. Panitia

Psikogenesis, Senin (18/07)- Himpunan Mahasiswa Jurusuan (HMJ) Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Program Penguatan Kapasitas (PPK) Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) di Desa Mallongi-Longi, Kecamatan Lanrisang, Kabupaten Pinrang, Provinsi Sulawesi Selatan pada Sabtu (16/07) hingga Selasa (20/09) mendatang.

Sapriadi selaku Ketua Panitia menjelaskan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini sebagai upaya peningkatan literasi dan pemberdayaan masyarakat Desa Mallongi-Longi.

"PPK Ormawa, dengan tajuk program rumah cerdas sebagai upaya peningkatan literasi dan pemberdayaan masyarakat Desa Mallongi-Longi," jelasnya. 

Sapriadi menyatakan bahwa kegiatan ini langsung diwadahi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek). 

"Diwadahi oleh Kemendikbud-Ristek, melalui seleksi yang sangat ketat dan alhamdulillah kami bisa menjadi salah satu yang mewakili UNM dan lulus," tuturnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan kegiatan ini melibatkan mahasiswa Jurusan Matematika, khususnya pengurusus HMJ Matematika FMIPA UNM. 

"Mahasiswa Jurusan Matematika, terkhusus untuk pengurus HMJ Matematika FMIPA UNM," jelasnya. 

Tak sampai disitu, Sapriadi juga menambahkan pada pelaksanaan PPK Ormawa ini sedikit berbeda dari pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada umumnya, karena mereka mengadakan 5 program rumah cerdas.

"Pelaksanaannya itu seperti KKN pada umumnya. Akan tetapi ada perbedaan sedikit karena kami mengadakan 5 program rumah cerdas, yaitu rumah cerdas digital, rumah cerdas finansial dan numerasi, rumah cerdas kesehatan, rumah cerdas membaca dan menulis dan rumah cerdas agama, kewarganegaraan dan kebudayaan," jelas Sapriadi.

Sebagai penutup, Sapriadi berharap kegiatan tersebut sukses dan dapat lanjut ke Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas).

"Harapannya tentu kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses dan dapat masuk ke Pimnas. Karna InshaAllah akan ada Pimnas. Dan tentu kami berharap semua pihak yang terlibat dapat ikut bekerja sama dalam menuntaskan dan menyukseskan kegiatan ini," tutupnya. (ESN)

Posting Komentar