Tim Dosen FPsi UNM dalam Program Kemitraan Masyarakat 'Baji Home untuk Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Berbasis Child Daycare di Makassar'.
Sumber: Dok. Tim Dosen FPsi

Psikogenesis, Selasa (26/07)- Tim dosen Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengikuti Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM) tahun 2022 dengan mengangkat program pengabdian 'Baji Home untuk Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Berbasis Child Daycare di Makassar' yang dilaksanakan pada Bulan Mei hingga Juni 2022 (01/05-30/06).

Novita Maulidya Djalal atau kerap disapa Novi menjelaskan bahwa tujuan diadakannya program PKM ini sebagai bentuk pembekalan bagi para caregiver di Daycare Baji Arta.

“Tujuan dari pengabdian ini untuk membekali para caregiver di Daycare Baji Arta terkait pertumbuhan dan perkembangan anak, stimulasi perkembangan anak, dan pemahaman terkait permasalahan yang dapat terjadi pada anak,” jelasnya.

Dalam program ini, Novi menyampaikan ada tim yang terdiri atas 3 dosen FPsi UNM selaku pelaksana.

"Adapun pelaksanaan pengabdian ini dilakukan oleh tim Fakultas Psikologi UNM yang terdiri atas ibu Dian Novita Siswanti selaku Ketua, kemudian bapak Muh. Daud dan saya sendiri Novita Maulidya selaku anggota tim," sampainya.

Menutup penjelasan, dosen FPsi UNM ini menyampaikan bahwa ada dua materi esensial yang diberikan, yakni materi terkait tumbuh kembang anak dan permasalahan pada anak, serta materi terkait stimulasi pada anak.

“Kegiatan ini diikuti oleh 5 orang caregiver di Daycare Baji Arta. Pemateri terdiri atas dua orang yakni saya sendiri yang memberikan materi terkait tumbuh kembang anak dan permasalahan pada anak. Kemudian narasumber kedua, ibu Dian Novita Siswanti yang membawakan materi terkait stimulasi pada anak disertai pelatihan membuat permainan edukatif,” tutupnya. (BFT)

Posting Komentar