Poster Film Ranah 3 Warna.
Sumber: Google

Ranah 3 Warna merupakan film adaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Ahmad Fuadi yang disutradarai oleh Guntur Soeharjanto yang menampilkan kisah tentang persahabatan dan perjuangan meraih mimpi. Meski waktu penayangan film ini sempat tertunda 2 Tahun, Ranah 3 Warna sukses meraih rating 8.9 di situs IMDb.

Secara singkatnya film ini mampu membuat penonton sangat tersentuh. Selain itu, tak hanya menguras emosi dan air mata, film ini penuh akan pesan moral seakan memberikan motivasi dan inspirasi positif untuk berjuang dalam menghadapi hidup, karir, masa depan hingga percintaan terhadap penontonnya.

Tokoh utama film ini adalah Alif Fikri (Arbani Yazis), dan tokoh pendukung lainnya Raisa Kamila (Amanda Rawless) yang merupakan mahasiswi Institut Teknologi Bandung (ITB) yang disukai Alif, Randai (Teuku Rassya) sahabat Alif di kampung yang juga menyukai Raisa. Kisah awal film ini menceritakan bahwa Alif seorang lulusan pesantren yang mengidolakan B.J Habibie dan sangat menginginkan kuliah diluar negeri. Setelah lulus dari pesantren, Alif diterima di kampus negeri ternama di Bandung, Jawa Barat, yakni Universitas Padjajaran (Unpad) meskipun tidak sesuai dengan keinginannya yang ingin berkuliah di (ITB).

Konflik dalam film ini muncul pada saat ayah Alif meninggal dunia, saat Alif sedang merantau di Bandung. Mimpi Alif untuk berkuliah di luar negeri pun harus tertunda karena menjadi tulang punggung keluarga untuk membantu Ibu dan adik-adiknya. Berbagai lika-liku perjalanan Alif dari keluarga, pendidikan, sahabat, kisah cinta mampu membawa penonton juga merasakan penuh akan emosional tersebut. 

Dari film ini kita dapat mengerti mengenai arti dari kesabaran. Man Shabara Zhafira yang memiliki arti barang siapa bersabar, beruntunglah dia. Sabar yang dimaksud adalah sabar yang aktif bukan pasif. Meski kita ditimpa musibah kita harus jalani dan bergerak melakukan sesuatu bukan hanya sabar menerima keadaan. 

Film ini berdurasi 2 jam 8 menit, mulai tayang di bioskop tanggal 30 Juni 2022 hingga saat ini. Bagi kamu yang penasaran dengan akhir perjalanan Alif, tunggu apa lagi langsung saja ke bioskop terdekat kamu. (HF)

Posting Komentar