Moh Fachri Zahdy (kiri), Hayatul Mutmainnah Ardin (tengah) Imam Dedikasi Malik Nur (kanan), dalam Lomba Debat Mahasiswa Accounting Carnaval Universitas Fajar .
Sumber: Dok. Pribadi

Psikogenesis, Minggu (31/07)- Tim Debat Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) berhasil meraih Juara 1 (satu) Lomba Debat Mahasiswa Accounting Carnaval 8 (delapan) yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa (Hima) Akuntansi Universitas Fajar, yang telah berlangsung di Universitas Fajar, Makassar pada Sabtu-Jumat (23-29/07) lalu.

Tim Debat FPsi UNM ini terdiri dari 3 mahasiswa yakni Hayatul Mutmainnah Ardin angkatan 2020, Moh. Fachri Zahdy dan Imam Dedikasi Malik Nur yang berasal dari angkatan 2019. Dalam kompetisi tingkat Universitas se-Sulawesi Selatan tersebut Hayatul Mutmainnah Ardin yang kerap disapa Hayatul dan rekan-rekannya berhasil membawa pulang juara pertama setelah melewati beberapa tahap perlombaan.

"Pertama itu pembuatan KTI (baca: Karya Tulis Ilmiah), lalu diseleksi hingga 5 naskah yang lolos, ada dari Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar dan Universitas Hasanuddin, kemudian maju ke tahap presentasi. Nantinya dirangkingkan dan diperoleh peringkat 1,2,3,4 yang akan debat," papar Hayatul.

Mahasiswi angkatan 2020 itupun mengaku bersyukur dengan prestasi yang mereka raih, sebab tidak menyangka dirinya dan tim dapat menyabet juara 1 dalam ajang debat tersebut.

"Alhamdulillah sangat bersyukur karena kami tidak pernah berekspektasi banyak saat mengikuti lomba tersebut, kami hanya ingin memacu diri dan mencari pengalaman tapi alhamdulillah kami menang," terangnya.

Adapun motivasi dari tim debat FPsi UNM ini untuk ikut berkompetisi karena ingin mengisi waktu luang dengan kegiatan produktif di masa libur semester genap tahun ini.

"Motivasinya karena saat ini masih libur, jadi kami cari kegiatan untuk lebih produktif dan untuk mengukur kemampuan kami untuk terus belajar lagi," jelas Hayatul mewakili rekannya saat diwawancarai via WhatsApp.

Sebagai penutup, Hayatul berharap agar FPsi UNM dapat berkiprah di kompetisi tingkat daerah hingga nasional.

"Harapan kedepannya semoga Fakultas Psikologi secara khusus dan UNM secara umum bisa terus mengibarkan sayapnya dalam berbagai perlombaan baik lokal maupun nasional," tutupnya. (AIM)

Posting Komentar