HMJ Biologi UNM dalam Kegiatan BPM
Sumber: Dok. Panitia

Psikogenesis, Kamis (28/07)- Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) telah melaksanakan Biologi Peduli Masyarakat (BPM) yang berlangsung pada Sabtu–Kamis (16-21/07) yang lalu di Dusun Parangluara, Desa Bantimurung, Kecamatan Tondong Tallasa, Kabupaten Pangkep.

Faizal selaku Ketua Panitia BPM menjelaskan bahwa BPM sendiri merupakan kegiatan bakti sosial yang diusung dalam program kerja HMJ Biologi FMIPA UNM tahun 2022. Khususnya pada tahun ini BPM yang diadakan berupa pengabdian kepada masyarakat seperti pengoptimalan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan memberikan pelatihan kepada masyarakat dan pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) setempat.

“Untuk tahun ini BPM memuat kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk pengoptimalan SDM dan pemanfaatan SDA di daerah tertentu. Untuk pengoptimalan SDM ke arah pelatihan untuk masyarakat daerah yang dituju, seperti pelatihan pembuatan pupuk organik cair kulit kacang tanah, penyuluhan pertanian, penataran guru, pelatihan jurnalistik, pelatihan manajemen kepecintaalaman, dan pelatihan seni. Untuk pengoptimalan SDA kami berfokus pada SDA yang terdapat di daerah tersebut, seperti penggunaan limbah kulit kacang tanah untuk pembuatan pupuk organik cair,” jelasnya.

Adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah sebagai wadah bagi mahasiswa lingkup jurusan Biologi FMIPA UNM agar dapat melaksanakan isi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat.

“Salah satu tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu untuk memberikan ruang kepada mahasiswa Biologi untuk ikut andil dalam mewujudkan salah satu isi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat,” tambah Faizal.

Faizal berharap agar kedepannya kegiatan seperti ini mendapat dukungan dari berbagai pihak dan BPM di tahun selanjutnya dapat lebih baik.

“Semoga kegiatan bakti sosial seperti BPM ini semakin mendapat dukungan dari pihak-pihak manapun itu. Terus untuk BPM sendiri semoga pelaksanaan BPM ditahun tahun kedepannya bisa lebih baik lagi,” tutupnya. (AIM)

Posting Komentar