Andi Nuraliyah Aini (kanan), Runner-Up 1 Duta Lingkungan Hidup Kota Parepare.
Sumber: Dok. Pribadi

Psikogenesis, Senin (08/08)- Andi Nurliyah Aini mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) angkatan 2021 terpilih sebagai Runner-Up 1 Duta Lingkungan Hidup Parepare 2022 yang diselenggarakan oleh Ikatan Duta Lingkungan Hidup Kota Parepare bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Parepare.

Pada pemilihan Duta Lingkungan Hidup Parepare 2022 ini, Andi Nurliyah Aini terpilih sebagai Runner-Up 1 Duta Lingkungan Hidup Parepare dalam periode 1 tahun masa jabatan. 

"Runner-Up 1 Duta Lingkungan Hidup kota Parepare tahun 2022 selama satu tahun, jadi akan berakhir tahun depan," ungkapnya.

Andi Nurliyah Aini atau yang akrab disapa Aliyah mengaku awalnya sempat merasa ragu untuk mengikuti ajang tersebut dan merasa sangat bersyukur bisa menyandang gelar Runner-Up 1 Duta Lingkungan Hidup Parepare 2022.

"Sebenarnya awalnya saya ragu untuk daftar, karena belum ada basic knowledge (baca: pengetahuan dasar) tentang lingkungan. Tapi saya berfikir, kalau tidak coba, saya tidak akan tahu kemampuan saya dan tidak bisa dapat pengalaman baru. Alhamdulillah, setelah dapat gelar Runner-Up 1, saya bersyukur sekali bisa dipercayakan untuk menyandang gelar itu, bersyukur juga punya keluarga dan lingkungan yang selalu mendukung saya," akunya. 

Aliyah lanjut menyampaikan rangkaian kegiatan Pemilihan Duta Lingkungan Hidup dimulai dari karantina, pembekalan, hingga grand final yang dilaksanakan pada Sabtu (06/08) lalu. 

"Jadi, karantina dan pembekalan dilaksanakan sejak tanggal 1-5 (baca: Agustus), dan grand finalnya tanggal 6 (baca: Agustus) kemarin," lanjut Aliyah.

Aliyah juga menambahkan beberapa keuntungan yang ia dapatkan, salah satunya adalah menjadi penggerak kegiatan pelestarian lingkungan.

"Kalau benefit (baca: keuntungan) pastinya kita bisa tambah relasi, pengalaman, dan kesempatan untuk jadi motivator dan penggerak kegiatan pelestarian lingkungan," tambahnya.

Selanjutnya, sebagai Runner-Up 1 Duta Lingkungan Hidup Parepare 2022, Aliyah menjelaskan hak dan kewajibannya adalah menjadi role model dan mensosialisasikan upaya untuk menangani isu-isu lingkungan.  

"Kalau haknya, kita berkesempatan ikut kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Ikatan Duta Lingkungan Kota Parepare. Adapun kewajibannya, kita harus bisa menjadi role model dengan membiasakan diri melakukan hal yang berdampak positif bagi lingkungan hidup. Kemudian, mengkampanyekan dan mensosialisasikan upaya menangani isu-isu lingkungan," jelasnya.

Sebagai penutup, Aliyah menyampaikan harapannya agar kedepannya senantiasa mampu berkolaborasi dan berkontribusi untuk menyuarakan isu-isu lingkungan dan penanganannya di Kota Parepare.

"Harapannya, semoga saya dan teman-teman Duta Lingkungan Hidup Parepare yang terpilih serta seluruh pengurus Ikatan Duta Lingkungan Kota Parepare senantiasa mampu berkolaborasi dan berkontribusi untuk menyuarakan isu-isu lingkungan dan penanganannya di Kota Parepare," tutupnya. (ESN)

Posting Komentar