Tim Dosen FPsi UNM dalam Pengabdiannya di MAN 1 Majene.
Sumber: Dok. Pribadi

Psikogenesis, Kamis (18/08)- Tim Dosen Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) lakukan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Majene sebagai mitra pengabdian yang dilaksanakan di Kabupaten Majene, Sulawesi Selatan pada Senin (01/08) yang lalu.Muh. Riyadh Ma'arif atau akrab disapa Riyadh menjelaskan bahwa pengabdian yang telah dilakukan tim dosen kali ini untuk membantu para siswa yang menjadi mitra agar dapat menggapai impiannya sesuai passion yang dimiliki.

“Pengabdian yang dilakukan itu berupa ‘Capacity Building’ yang membantu para siswa dari sekolah mitra MAN 1 Majene menemukan impian dan menggapai impiannya sesuai dengan passion dan kemampuannya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Riyadh juga menjelaskan tujuan pengabdian ini yaitu edukasi pengenalan potensi diri dan dilanjutkan dengan edukasi mengenai konsep dasar motivasi.

“Tujuan dari pengabdian ini untuk peningkatan kualitas dan pengembangan diri siswa. Jadi selama pelaksanaan kegiatan ada dua konsep utama yang diberikan, yaitu edukasi pengenalan potensi diri dengan tujuan membantu para siswa mengenali dirinya lebih baik. Selanjutnya, agar usaha siswa untuk menggapai impiannya semakin membara, maka tim PKM membarengi edukasi tentang konsep dasar motivasi sebagai bekal dasar mewujudkan impian mereka,” jelasnya.

Riyadh juga menyampaikan bahwa pengabdian ini dilaksanakan di MAN 1 Majene dengan siswa kelas XII (dua belas) yang menjadi sasaran peserta. 

“Siswa kelas XII MAN 1 Majene sebanyak kurang lebih 40 orang pada tanggal 1 Agustus 2022 di MAN 1 Majene, Sulawesi Barat,” sampainya.

Lanjutnya, Riyad memaparkan beberapa anggota dari tim dosen yang mengikuti pengabdian tersebut.

“Yang terlibat itu ada Dosen Nur Akmal dan Perdana Kusuma serta mahasiswa Muh. Riyadh Ma'arif dan Nurul Alwiah,” lanjutnya.

Menutup penjelasan, Riyadh menyampaikan harapannya agar siswa mitra dapat menemukan impian dan mampu menggapai impian tersebut.

“Harapannya semoga siswa mitra dapat menemukan impian terbaik yang sesuai dengan dirinya. Serta mampu menggapai impian tersebut berdasarkan pengembangan strategi-strategi yang telah di edukasikan pada saat pelaksanaan kegiatan tersebut,” tutupnya. (FM)

Posting Komentar