Booth Fakultas Psikologi dalam Pameran Pendidikan Dies Natalis UNM ke-61.
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Rabu (03/08)- Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) ikut berpartisipasi dalam Pameran Pendidikan Dies Natalis UNM ke-61 dengan menggelar Pameran Pendidikan Psikologi di pelataran Menara Phinisi UNM pada Rabu (03/08) hingga Jumat (05/08). Gelaran Pameran Pendidikan Fakultas Psikologi tuai respon positif dari pengunjung.

Sitti Murdiana, Koordinator Pelaksana Pameran Pendidikan FPsi menguraikan konsep pelaksanaan dengan melibatkan berbagai tes psikologi yang ditawarkan oleh Fakultas Psikologi kepada pengunjung dalam Pameran Pendidikan Dies Natalis ke-61 UNM.

"Ini (baca: pameran) menjadi warna baru karena saya memasukkan semua bidang-bidang dalam psikologi, dan disini mereka (baca: pengunjung) bisa lihat masing-masing bidang apa saja isinya. Meskipun hanya sebatas angket atau skala yang mereka nilai sebagai proyeksi dirinya mereka, tapi itu mewakili sebenarnya apa yang ada dalam masing-masing bidang tersebut," urai Dosen dengan sapaan akrab Diana berikut.

Aisy Muthmainnah, mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) yang juga salah satu pengunjung pameran FPsi UNM pada hari Rabu (03/08) memberikan tanggapannya setelah mengikuti beberapa tes psikologi yang ditawarkan oleh booth Fakultas Psikologi.

"Saya tertarik dengan psikologi, tadi kakak-kakaknya jelaskan ada beberapa tes yang saya ikuti, tentang psikologi sosial dan klinis. Tapi berdasarkan penjelasannya ada lima macam tes, belum sempat saya ikuti semuanya. Tanggapannya tentu seru sekali, apalagi saya jarang ikut pameran seperti ini, bisa jadi bahan saya belajar dalam merancang kegiatan yang sama di Unhas nantinya," tanggapnya.

Nur Khalid, mahasiswa Fakultas Teknik UNM juga bersedia memberikan tanggapannya setelah mengikuti tes Chunking dan tes Brain Colour di booth Fakultas Psikologi. 

"Saya mencoba dua tes, Brain Colour dan tes Chunking. Pameran ini menambah pengetahuan saya karena ini pertama kali saya ikut dan tahu bahwa ada empat warna dalam otak kita. Yang buat saya penasaran, bagaimana cara penilaiannya, bagaimana kita bisa dapatkan hasilnya," akunya.

Akhir kata, Diana berharap Pameran Pendidikan Fakultas Psikologi dapat memberi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan pengunjung tentang pribadi mereka dalam bentuk proyeksi diri melalui media elektronik dan program-program tes.

"Karena kita terbatas waktunya dan tidak memungkinkan untuk lakukan konseling misalnya, jadi kita menggunakan media elektronik dan program-program yang mampu menjelaskan hasil tes, jadi setidaknya ada proyeksi diri yang bisa mereka lihat. Kita berharap pengunjung bisa menjawab keingintahuan mereka setiap menghadapi masing-masing bidang itu. Jadi selain untuk dikenali, mereka juga bisa dapatkan manfaatnya dari keberadaan kita (baca: Fakultas Psikologi) di pameran ini," harapnya. (AR)

Posting Komentar