Novi Tri Jayanti Haris, Perwakilan Finalis dalam Kunjungan Audience RUU Daerah Kepulauan ke DPD RI pada Jumat (12/08)
Sumber: Dok. Pribadi

Psikogenesis, Sabtu (13/08)- Novi Tri Jayanti Haris, mahasiswi Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) menghadiri audience membawa Rancangan Undang-Undang (RUU) Daerah Kepulauan ke Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) sebagai salah satu finalis Duta Maritim Indonesia pada Jumat (12/08) kemarin.

Mahasiswi dengan sapaan akrab Cia berikut menjelaskan bahwa agenda kunjungan audience ke DPD RI yang dilakukan Jumat (12/08) kemarin merupakan salah satu rangkaian dalam pemilihan Duta Maritim Indonesia. Audience dilakukan dengan tujuan untuk mengajukan RUU Daerah Kepulauan yang menyangkut perekonomian dan keberlangsungan hidup masyarakat pesisir.

"(baca: termasuk rangkaian) Duta Maritim Indonesia, yang dinaungi langsung oleh ASPEKSINDO (baca: Asosiasi Pemerintahan Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia). Kami ke DPD RI dalam rangka audience membawa RUU Daerah Kepulauan yang telah dirancang, RUU Daerah Kepulauan ini sangatlah penting mengingat Indonesia adalah negara maritim. RUU itu (baca: RUU Daerah Kepulauan) diajukan karena menyangkut akan perekonomian bahkan keberlangsungan hidup masyarakat pesisir," jelasnya.

Cia menjadi salah satu finalis terpilih yang sebelumnya telah menjalani karantina Duta Maritim. Finalis kemudian diungkapkan dinilai berdasarkan keaktifan selama karantina, sehingga dari 44 (empat puluh empat) finalis, Cia dan sembilan finalis lainnya terpilih menjadi perwakilan untuk bertemu dengan Ketua DPD RI di Jakarta. 

"Yang menjadi perwakilan untuk bertemu dengan Ketua DPD RI itu 10 (baca: sepuluh) finalis terpilih dari 44 finalis yg lolos mengikuti karantina Duta Maritim ini di Jakarta. Mekanisme pemilihannya dipilih berdasarkan keaktifan para finalis selama tiga hari kemarin," ungkapnya.

Kunjungan audience DPD RI diuraikan oleh Cia merupakan salah satu rangkaian dalam pemilihan Duta Maritim Indonesia yang berlangsung 09-18 Agustus (09-18/08) nanti, dengan rangkaian selanjutnya melibatkan finalis untuk melakukan pengabdian.

"Untuk rangkaiannya sendiri mengikuti Sekolah Duta Maritim ini selama 10 (baca: sepuluh) hari sejak 09-18 Agustus (09-18/08) nanti. Akan ada berbagai macam rangkaian, salah satunya kami akan turun lapangan ke pulau untuk melakukan pengabdian disana untuk beberapa hari sebelum dikukuhkan secara resmi menjadi Duta Maritim Indonesia," urainya.

Akhir kata, dengan agenda kunjungan ke DPD RI, Cia berharap pemerintah dapat melirik serta memperjuangkan RUU Daerah Kepulauan untuk daerah pesisir dan kepulauan Indonesia.

"Harapan saya tentunya, berharap pemerintah dapat lebih melirik dan lebih memperjuangkan RUU Daerah Kepulauan tersebut, demi kebaikan bangsa terkhusus di daerah pesisir dan kepulauan," harapnya. (AR)

Posting Komentar