Suasana Seminar Nasional oleh HIMAGARA FIS-H UNM.
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Senin (29/08)- Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara (HIMAGARA) Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FIS-H) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar seminar nasional dengan tema "Public Service Innovation: Good Governance, Good Experience in Era Metaverse" sebagai rangkaian kegiatan Public Expo HIMAGARA di Ballroom Teater Lt.3 gedung Phinisi UNM pada Kamis (25/08) lalu. 

Ketua Panitia Public Expo HIMAGARA, Mulyadi Sahar memaparkan bahwa seminar ini dihadiri oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kota Makassar, perwakilan Ombudsman Republik Indonesia (RI) Sulawesi Selatan (Sul-sel), Dosen Ilmu Administrasi Negara FIS-H dan Analis Kebijakan Pusat Pelatihan dan Pengembangan (Puslatbang) Kajian Manajemen Pemerintahan (KMP) Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI. 

"Yang terlibat di acara seminar ini yaitu Walikota Makassar Moh. Ramadhan Pomanto atau yang mewakili Andi Bukti Djufrie selaku Kepala Balitbangda Makassar, perwakilan dari Ombudsman Sul-sel Aswiwin Sirua, Dosen Ilmu Administrasi Negara FIS-H UNM Andi Cudai Nur dan Analis Kebijakan Puslatbang KMP LAN RI Anita," papar Ketua Panitia yang akrab disapa Mula.

Pada kesempatannya, Kepala Balitbangda Kota Makassar memaparkan terkait salah satu inovasi pemerintah Kota Makassar yaitu Laboratorium Inovasi Berbasis Kemitraan (Labinov Beken).

"Kita sudah membuat Peraturan Walikota Nomor 37 Tahun 2019 tentang Sistem Inovasi Daerah, kemudian dikuatkan lagi tentang peraturan Walikota Nomor 4 Tahun 2019 tentang Laboratorium Inovasi Daerah," papar Kepala Balitbangda Makassar.

Selain itu, Dosen Ilmu Administrasi Negara FIS-H UNM, Andi Cudai Nur menambahkan bahwa dengan majunya teknologi dapat meningkatkan sektor pariwisata Indonesia melalui teknologi metaverse.

"Indonesia juga sangat terbantukan untuk mensosialisasikan unsur pariwisata. Terutama anjlok pada saat Covid-19, sehingga caranya agar pariwisata tetap eksis itu dimasukkan dalam metaverse," tambahnya.

Sebagai penutup, Mula pada seminar ini pun berharap agar peserta mendapatkan manfaat dan kegiatan seperti ini dapat terus berjalan di tahun-tahun berikutnya.

"Semoga acara seminar ini dapat bermanfaat bagi para peserta dan saya harap acara ini dapat berkelanjutan setiap tahunnya," tutupnya. (AIM)

Posting Komentar