Pelatihan Medis Panitia Psychocamp 2022 Bersama KSR PMI Unit UNM.
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Selasa (16/08)- Panitia Psychocamp 2022 Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) adakan agenda pelatihan medis dengan Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) unit UNM sebagai pemateri, yang dilaksanakan di Taman Sulapa Appa pada Selasa (16/08) siang tadi.

Andi Resky Pratama atau akrab disapa Eky selaku Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat (Humas) dan Medis Psychocamp menjelaskan bahwa tujuan diadakannya pelatihan medis bagi panitia Psychocamp 2022 agar bisa mengetahui pertolongan pertama yang akan dilakukan ketika ada kecelakaan pada peserta Psychocamp 2022 nanti.

“Tujuan dari pelatihan medis tadi yakni agar panitia mendapatkan pengetahuan bagaimana penanganan simulasi di lokasi karena melihat dari Binjas (baca: Bina Jasmani) kemarin (baca: 01-15/08) banyak yang tumbang. Ceritanya minim pengetahuan medisnya panitia, jadi diadakan simulasi pelatihan medis,” jelas Eky.

Lanjut, Eky menyebutkan bahwa pelatihan medis siang tadi (16/08) dihadiri oleh Divisi Humas dan Medis Psychocamp 2022, beberapa anggota dari divisi lain serta beberapa staf Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) FPsi UNM.

“Pesertanya semua panitia medis dan beberapa teman-teman BEM Kema dan juga beberapa teman-teman panitia di divisi lainnya yang akan membantu teman-teman medis di lokasi nanti,” sebutnya.

Selanjutnya, Eky juga memaparkan beberapa materi yang disampaikan oleh Muhamad Yunus selaku pemateri dari KSR PMI unit UNM selaku pemateri dalam pelatihan medis tersebut.

“Materi tadi dibawakan oleh Muhamad Yunus dari KSR PMI unit UNM. Materi yang dibawakan tadi terkait bagaimana pertolongan pertama penyakit yang diperkirakan akan kambuh saat Psychocamp nantinya, seperti asma, terkilir dan berbagai macam lainnya,” lanjut Eky.

Eky juga menyampaikan pesan kepada peserta dan panitia Psychocamp 2022 agar tetap semangat dan agar semua berjalan lancar sebagaimana yang telah direncanakan.

"Untuk peserta, di kegiatan ini lebih semangat lagi dan untuk panitianya semoga lancar kegiatan sampai hari terakhir (baca: 21/08), juga tidak ada masalah-masalah terburuk kedepannya," sampainya.

Menutup wawancara, Eky menyampaikan harapannya agar panitia bisa menangani dengan baik apabila ada peserta yang mengalami kecelakaan saat kegiatan berlangsung.

"Harapannya semoga lebih bisa menangani peserta nanti, seperti asma, terkilir, lebih mudah menangani dan tidak kewalahan teman-teman medis karena sudah melakukan simulasi pelatihan tadi dari KSR PMI unit UNM," tutupnya. (WSM)

Posting Komentar