Bina Jasmani Peserta dan Panitia Psychocamp 2022 di Lapangan Volly Kampus UNM Gunung Sari.
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Rabu (17/08)- Kegiatan Bina Jasmani (Binjas) telah usai untuk peserta Psychocamp 2022 Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) pada Senin (15/08) lalu, peserta mengaku antusias dalam menghadapi Psychocamp 2022 yang dilaksanakan Jumat-Minggu (19-21/08) nanti.

Fadhel Muhammad Rizal atau akrab disapa Fadhel selaku Ketua Panitia Psychocamp 2022 mengungkapkan tujuan dari diadakannya Binjas yang telah dilakukan panitia sejak Senin (01-15/08) lalu tidak lain dan tidak bukan demi manfaat bagi peserta kedepannya.

“Teman-teman panitia lakukan ini Binjas bukan semata-mata hanya ingin menyuruh adik-adik untuk lari saja atau disuruh push-up saja, sebenarnya teman-teman panitia sudah pikirkan apa nanti manfaatnya untuk peserta kedepannya,” jelasnya.

Fadhel menyebutkan bahwa olahraga yang dilakukan dalam sesi terakhir Binjas oleh panitia Divisi Lapangan ini adalah kardio dan ketahanan tubuh.

“Hari terakhir (baca: 15/08), kita fokus ke kardionya saja supaya penguatan otot paha dan bagaimana ototnya bisa bertahan lama. Kalau kemarin kita fokus ke otot-otot kaki, makanya dikasih jogging jauh. Sebelumnya juga fokus ke tangan, disuruh kipling segala macam supaya bisa tahan benda berat di pundaknya nanti,” jelasnya.

Lanjutnya, Fadhel mengungkapkan bahwa panitia sempat mengalami kendala, seperti di hari pertama Binjas. Namun hal tersebut dapat diatasi dalam sesi-sesi selanjutnya.

“Di Binjas kedua sampai Binjas terakhir alhamdulillah teman-teman panitia bisa taktis dan membagi dirinya. Seperti di hari pertama terdapat kendala, tapi sudah ada evaluasi dari teman teman panitia untuk hari berikutnya,” tambahnya.

A, salah satu calon peserta Psychocamp 2022 yang aktif dalam mengikuti kegiatan Binjas hingga selesai mengaku bahwa sangat siap menghadapi Psychocamp 2022 walapun terdapat rintangan di awal mengikuti Binjas.

“Siap banget mi untuk ikut Psychocamp, karena sudah ada persiapan matang dengan fisik ta sudah dikasih latihan, tapi saat pertama binjas agak kaget otot-otot, mungkin karena sebelumnya belum atau jarang olahraga. Tapi disamping itu, Binjas beberapa hari ini memang bermanfaat untuk kami, terkhusus saya sendiri,” ujarnya.

Senada, Andi Anifa atau kerap disapa Anifa yang juga merupakan peserta Psychocamp 2022 mengaku bahwa Binjas yang telah dilakukan berdampak positif pada dirinya.

“Saya rasa Binjas beberapa hari ini memang sangat bermanfaat untuk kami kedepannnya. Seperti yang kakak panitia katakan, kita lakukan Binjas ini supaya fisik kita tidak kaget hadapi medan nanti, jadi menurut saya berdampak positif ini Binjas,” akunya.

Anifa menambahkan, kesiapan dalam menghadapi Pyschocamp 2022 ini sudah cukup dari segi fisik setelah mengikuti kegiatan Binjas, tetapi tetap harus menjaga kesehatan lagi selama beberapa hari nanti menuju Psychocamp 2022.

“Dan saya rasa bakal tetap juga lakukan Binjas atau olahraga ringan di rumah, supaya kayak tidak terhenti langsung olahraganya. Untuk persiapan, bukan dari segi fisik juga, tetapi keperluan-keperluan lain yang dibutuhkan di lokasi, InsyaAllah nanti H-1 berangkat Psychocamp sudah 100% siap semua,” tambahnya.

Terkait evaluasi Binjas Psychocamp 2022, Fadhel menjelaskan bahwa keseluruhan kegiatan Binjas berjalan dengan sangat baik dan semua menu Binjas sudah tercapai.

“Mulai dari kardio yang tadi seperti saya bilang sudah aman, masalah kakinya juga. Karena nanti kebanyakan aktivitas kita di kaki. Intinya semua menu Binjas dan capaian dari menu Binjas, alhamdulillah teman-teman panitia sudah tercapai semua,” tanggap Fadhel.

Akhir kata dari calon peserta Psychocamp 2022, Anifa berharap seluruh kegiatan nantinya berjalan lancar dan ia juga berterima kasih kepada panitia telah mengadakan kegiatan Binjas.

"Terima kasih buat kakak-kakak panitia sudah adakan Binjas dan mengarahkan kami selama Binjas. Semoga Psychocamp nanti lancar seluruh rangkaian kegiatannya dan tidak ada yang alami cedera atau sakit selama disana, baik itu peserta maupun kakak-kakak panitianya,” tutupnya. (BI)

Posting Komentar