Seminar Hasil Penelitian Peserta PMP-OMK XXV LPM Penalaran UNM.
Sumber: Dok. Panitia

Setelah melewati Seminar Proposal, peserta mengikuti Seminar Hasil Penelitian dalam rangkaian Pelatihan Metodologi Penelitian dan Orientasi Manajemen Keorganisasian (PMP-OMK) XXV (dua puluh lima) pada Minggu (07/08) kemarin di Gedung Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM).

Selama kurang lebih 14 hari, ke-12 tim peneliti telah melakukan penelitian lapangan sesuai dengan judulnya masing-masing hingga menghasilkan karya tulis ilmiah dengan mentoring langsung oleh mentor dan panitia pengarah. Seminar hasil ini bertujuan untuk menyeminarkan hasil dari penelitian lapangan yang telah dilakukan oleh 12 tim peneliti dengan berbagai tema yang berbeda. 12 tim peneliti tersebut terbagi atas lima skim penelitian yaitu penelitian skim sains, skim sosial, skim sosial-ekonomi, skim teknologi dan skim pendidikan.

Terdapat 4 judul penelitian skim pendidikan, diantaranya Kesiapan Profesionalisme Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Ganda (2013 dan Merdeka) Pada Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 9 Makassar, Perspektif Tenaga Pendidik dan Peserta Didik Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMA IT Al Fatih, Efektivitas Pembelajaran Berbasis Miro Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMPN 27 Makassar, dan Pengembangan Media Pembelajaran Etnomatematika Pada Rumah Adat Balla Lompoa Kabupaten Gowa Berbasis Video Animasi. 

Terdapat 1 judul dalam skim penelitian teknologi yaitu Pengembangan Sistem Monitoring Pendeteksi Kebocoran Gas Menggunakan MQ-7 dan Relay untuk Mengaktifkan Pompa Air Berbasis Internet of Things.

Sementara penelitian skim sosial-ekonomi ada 4 judul, diantaranya Analisis Faktor Penyebab Prokrastinasi Penyusunan Skripsi Pada Anggota Lembaga Penelitian Mahasiswa, Efikasi Diri Terhadap Kejenuhan Belajar yang Dialami oleh Mahasiswa dan Pelajar di Kota Makassar, Dampak Pembangunan Center Point of Indonesia (CPI) Terhadap Perekonomian Pedagang Kaki 5 di Pantai Losari, dan Konsep Diri Pada Mahasiswa Pengguna Instagram di Kota Makassar. 

Terakhir, ada 2 judul skim sains, diantaranya Formulasi Sereal Berbahan Dasar Dedak yang Diperkaya Kacang Koro dan Labu Kuning sebagai Breakfast Meal Bergizi Tinggi, dan Formulasi Roti Tawar Kaya Nutrisi dengan Subtitusi Tepung Biji Nangka/Artocarpus Heterophyllus

Hasil penelitian dengan nilai tertinggi pertama dari skim sosial-ekonomi yakni Kelompok 5 dengan judul Efikasi Diri Terhadap Kejenuhan Belajar yang Dialami oleh Mahasiswa dan Pelajar di Kota Makassar. Fathin salah seorang peserta mengaku bahwa kunci dari keberhasilan yang diraih ada dalam kerja sama kelompok yang baik.

"Mengikuti PMP merupakan pengalaman yang paling berkesan bagi kami, PMP mengenalkan kami bagaimana sistematika dan alur sebuah penelitian itu dilakukan. Ada banyak kisah suka dan duka yang telah kami lalui hingga mencapai titik ini. Kunci dari semua itu ada dalam kerjasama kelompok yang baik. Namun, keberhasilan kami menyelesaikan penelitian, tidak lepas dari kakak mentor dan kakak panitia pengarah, terima kasih banyak sudah membimbing," ujarnya. 

Muhammad Fadhil Firdaus selaku Ketua Panitia PMP-OMK XXV mengucapkan selamat kepada peserta yang telah berhasil melaksanakan penelitiannya hingga tahap Seminar Hasil.

"Saya ucapkan selamat kepada adik-adik yang telah berhasil menyelesaikan penelitiannya sampai tahap seminar hasil. Segala perjuangan dan jerih payah yang adik-adik lalui selama proses penelitian akan menjadi pelajaran dan pengalaman yang menciptakan sebuah kenangan yang sangat berharga. Semoga penelitian yang adik-adik selesaikan bukan yang pertama dan terakhir, sehingga ilmu yang yang didapatkan akan selalu menghasilkan karya dan inovasi yang sangat berguna bagi semua orang," tutupnya.

Posting Komentar