Foto Bersama Angkatan 2021.
Sumber: Dok. Pribadi

Psikogenesis, Rabu (31/08)- Panitia inti Inaugurasi 2022 yang diselenggarakan oleh mahasiswa angkatan 2021 Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) melaksanakan rapat perdana bersama Kementerian Pendidikan dan Pelatihan (Kemendiklat) Badan Eksekutif Mahasiswa (Kema) FPsi UNM dan Steering Commitee (SC) di Baruga Kemahasiswaan FPsi UNM pada Senin (29/08) lalu.

Muhammad Nur Fadli selaku Ketua Panitia Inaugurasi 2022 mengatakan bahwa saat ini struktur kepanitian inaugurasi 2022 telah rampung dan telah dilakukan pembahasan dalam rapat perdana bersama dengan SC dan Kemendiklat BEM Kema FPsi UNM.

"Untuk perkembangan dari kepanitiaan, kami baru saja selesai melakukan rapat dengan para SC dan Kemendiklat mengenai apa-apa yang sudah panitia rapatkan dan apa yang sudah kita putuskan sebelumnya,” ujarnya.

Rapat yang dihadiri secara terbatas oleh Ketua Panitia, Sekretaris, Bendahara dan Ketua masing-masing divisi kepanitiaan ini membahas mengenai susunan panitia penanggungjawab setiap divisi, pengenalan SC dan mekanisme koordinasi antara panitia, SC dan Kemendiklat.

“Pembahasan yang kita lakukan tadi tentang pengenalan pihak SC kepada masing-masing divisi, siapa yang akan bertanggung jawab kepada masing-masing divisi dan juga proses koordinasi dari panitia, SC, lalu Kemendiklat. Selain itu, dibahas terkait dipercepat kerja panitia, terutama pembuatan proposal harus dipercepat, dan selesai minimal di tanggal 03 (baca: Sabtu, 03/09). Jadi SC juga mengarahkan rapat internal sebelum diadakan rapat besar, diusahakan matriks kegiatan juga sudah ada,” jelasnya.

Mengenai susunan panitia, pria yang akrab disapa Munur ini menyampaikan bahwa susunan kepanitiaannya telah rampung, tetapi masih ada kemungkinan akan berubah lagi kedepannya.

“Mengenai keputusan ini (baca: susunan kepanitiaan) mungkin akan mengalami perubahan, terutama panitia inti, karena itu masih dalam tahap pertimbangan jadi mungkin masih akan dipertimbangkan oleh teman-teman yang lain dan para SC juga,” sampainya.

Munur juga menambahkan mengenai penyelenggaraan rapat besar panitia angkatan 2021 akan dilaksanakan pada Sabtu (10/09) dan pembahasan petunjuk teknis (juknis) kegiatan juga telah disepakati akan diadakan pada Sabtu (17/09).

"Telah disepakati juga bahwa rapat besar angkatan akan dilaksanakan di tanggal 10 (baca: Sabtu, 10/09) dan untuk pembahasan juknis diusahakan di tanggal 17 (baca: Sabtu, 17/09). Adapun pelaksanaan yang lain-lain itu akan disesuaikan dengan matriks kegiatan yang sudah disediakan oleh BEM. Adapun perubahan-perubahan selanjutnya akan melihat bagaimana perkembangan selanjutnya terlebih dahulu,” tambahnya.

Terkait pendanaan, Munur mengatakan bahwa dari pihak BEM Kema FPsi mematok estimasi dana yang diperlukan dalam kegiatan inaugurasi 2022 ini sebesar Rp. 28.000.000.00 (dua puluh delapan juta Rupiah), tetapi ia dan panitia lain akan mengusahakan untuk mengumpulan dana melebihi target estimasi.

“Kalau untuk dana kita saat ini belum ada. Target estimasi dari BEM itu sebesar 28 juta tapi dari kami usahakan lebih daripada itu. Karena tahulah, pasti akan ada biaya-biaya seperti persiapan untuk inaugurasi misal apresiasi seni, jadi pasti banyak hal yang dibutuhkan,” ujarnya.

Terkait partisipasi mahasiswa angkatan 2021, Munur menyampaikan bahwa dia dan panitia telah mengusahakan mengikutsertakan keseluruhan dari mereka. Dirinya mengatakan bahwa selama ini teman-teman dari angkatan 2021 telah melakukan beberapa kegiatan yang bertujuan untuk merangkul seluruh anggota angkatan.

“Untuk saat ini kami usahakan untuk mengikutsertakan semua anggota angkatan 2021 agar tidak ada yang merasa tidak diikutsertakan. Sampai saat ini sudah berusaha merangkul dengan cara misalnya melalu pertemuan angkatan ataupun nongkrong supaya teman-teman angkatan 2021 bisa lebih aktif lagi. Sebelumnya juga kita sudah melakukan beberapa kegiatan bersama seperti baksos,” ujarnya.

Terakhir, dirinya berharap agar inaugurasi ini dapat menjadikan angkatan 2021 bisa semakin akrab, saling menghargai hingga tidak ada kelompok mayoritas dan minoritas serta semakin solid dan aktif lagi.

“Harapan saya, semoga inaugurasi ini dapat merangkul seluruh angkatan 2021, bisa mengakrabkan kembali teman-teman yang kurang aktif dalam perkuliahan, kurang aktif dalam berkumpul bersama teman-teman bisa kembali aktif, tidak ada lagi kelompok-kelompok mayoritas ataupun minoritas dan semuanya bisa saling menghargai, menghormati, menjaga satu sama lain dan tidak ada lagi perbedaan yang memecah belah. Semoga angkatan 2021 bisa jadi lebih solid dan bermartabat lagi,” tutupnya. (PHS)

Posting Komentar