Agenda Foto Bersama dalam Roleplay Games Psychocamp 2022 yang Dihadiri Langsung oleh WD III FPsi UNM.
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Sabtu (13/08)- Roleplay games Psychocamp 2022 baru saja di gelar oleh panitia bersama Wakil Dekan (WD) III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang berlangsung di taman Sulapa Appa sore kemarin (13/08).

Fadhel Muhammad Rizal atau akrab disapa Fadhel selaku Ketua Panitia Psychocamp 2022 menyampaikan bahwa kegiatan roleplay games kali ini merupakan instruksi dari WD III untuk langsung memastikan semua aman dan tidak ada perpeloncoan di dalamnya.

"Tujuannya itu roleplay kali ini tentunya ibu WD III ingin verifikasi permainannya atau agendanya teman-teman panitia memastikan semua aman dan tidak ada perpeloncoan di dalamnya, tidak ada kekerasan di dalam agenda yang diberikan teman-teman panitia. Intinya ibu WD III juga berikan beberapa memasukkan di dalam agenda," ucap Fadhel saat diwawancarai langsung setelah roleplay berlangsung.

Lebih lanjut, Fadhel menjelaskan bahwa persiapan panitia sudah berjalan dengan baik, tersisa beberapa hal yang perlu disiapkan seperti pelatihan Pertolongan Pertama (P2) dan transportasi.

"Ini kan H-1 Minggu lah, mulai dari sekarang ini Alhamdulillah persiapan dari teman-teman panitia sudah berjalan dengan baik karena tempat sudah di fix-kan (dipastikan) kemudian perlatan peserta sudah diumumkan, terkait yang belum itu sementara adalah terkait transportasi peserta. Kemudian terakhir itu yang belum dilakukan teman-teman panitia adalah pelatihan P2 karena kami juga sudah kasih masuk surat di Korps Sukarela (KSR)," jelasnya.

Sejalan dengan ketua panitia, Reskiani Mas Bakar sebagai WD III Bidang Kemahasiswaan FPsi UNM menyampaikan bahwa dirinya hadir sebagai pengevaluasi agar tidak ada unsur penindasan dan memastikan Psychocamp akan berjalan lancar kedepannya.

"Ya tentu peran saya adalah mengevaluasi meng-crosscheck (baca: cek kembali) dan memastikan bahwa semua peran-peran itu ada ketika di lapangan nanti ketika hari-H dan memastikan yang penting juga adalah memastikan menjamin bahwa tidak akan ada unsur penindasan atau tidak akan melibatkan pihak-pihak oknum alumni atau senior yang akan ikut mengganggu atau istilahnya mempengaruhi jalannya kegiatan ini," jelasnya.

Lebih lanjut, WD III yang akrab disapa Kiki oleh mahasiswa, memastikan terkait games (baca: permainan) yang akan diberikan ke peserta, proses pembelajaran dari tiap games, dan minimalisir beberapa hal.

"Ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi satu, memastikan bahwa games yang akan nanti dimainkan oleh para peserta itu benar-benar sesuai dengan kebutuhan atau tujuan dari diadakannya Psychocamp, yang kedua untuk memastikan bahwa bukan hanya fun (baca: seru) semata yang akan dialami oleh peserta tetapi ada proses pembelajaran yang memiliki makna dari permainan games ini yang akan menunjang kebutuhan mereka dalam interaksi di kampus, dan yang ketiga adalah untuk mengantisipasi hal-hal yang sekiranya kita bisa minimalisir seperti dari material games ada yang kurang, dari evaluasi games-nya ada yang kurang, dari lembar pengamatannya ada yang kurang, nah itu yang kita antisipasi meminimalisir kesalahan-kesalahan sehingga bisa ditahu apa yang berikutnya perlu dilakukan supaya benar-benar ketika hari-H nya tidak terjadi seperti itu," ujar Kiki saat diwawancarai langsung setelah roleplay berlangsung.

Dari beberapa pernyataan WD III, Ketua Panitia Psychocamp 2022 akhir kata berharap bahwa peserta dan orang tua tidak perlu lagi khawatir karena kegiatan ini ada jaminan dari WD III FPsi UNM bahwa Psychocamp 2022 bersifat aman tanpa kekerasan.

"Saya berharap buat teman-teman peserta itu tidak terlalu khawatir dan cemas, terutama orang tua yang kemarin memang agak melarang anaknya untuk ikut ini kegiatan, karena takut ada sesuatu yang tidak diinginkan, makanya setelah dengan agenda roleplay bersama WD III dengan adanya jaminan dari bu WD III bahwasanya kegiatan yang kita lakukan ini bersifat aman dan tidak ada kekerasan di dalamnya. Saya harap orang tua dan peserta nantinya bisa mengikuti acara dengan nyaman," tutupnya. (HF)

Posting Komentar