Simulasi Penanggulangan Bencana oleh KSR PMI Unit UNM di Kelurahan Gunung Sari.
Sumber: Dok. Panitia

Psikogenesis, Senin (15/08)- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Universitas Negeri Makassar (UNM) telah melakukan kegiatan penanggulangan bencana dengan tema 'Ciptakan Rasa Aman dengan Mitigasi Bencana' yang diselenggarakan pada Kamis-Minggu (11-14/08) di Kelurahan Gunung Sari, Kecamatan Rappocini.

Ketua Panitia kegiatan penanggulangan bencana UKM KSR PMI unit UNM, Tiara Putri Amelia atau akrab disapa Tiara menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan program kerja Bidang Pengabdian pada Masyarakat untuk kepengurusan tahun 2022.

"Kegiatan penanggulangan bencana merupakan program kerja dari Bidang Pengabdian pada Masyarakat di kepengurusan UKM KSR PMI unit UNM tahun 2022 yang telah dilaksanakan pada Kamis hingga Minggu (11-14/08) yang lalu," tutur Tiara.

Lanjut, Tiara menjelaskan bahwa tema yang diusung dalam kegiatan ini dengan makna mitigasi bencana yang diterapkan pada wilayah tertentu dengan harapan dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat setempat.

"Tema dari kegiatan kami adalah Ciptakan Rasa Aman dengan Mitigasi Bencana, yang berarti dengan diciptakannya kegiatan penanggulangan atau mitigasi bencana ini dapat memberikan rasa aman dan tenang kepada masyarakat setempat," lanjut Tiara.

Selanjutnya, Tiara menuturkan bahwa tujuan dari UKM KSR PMI unit UNM mengadakan kegiatan penanggulangan bencana untuk mewadahi masyarakat dengan pengetahuan dalam menanggulangi bencana dengan beberapa rangkaian kegiatan yang mendukung hal tersebut.

"Tujuannya dari kegiatan sebagai wadah untuk masyarakat agar mampu mengetahui dan menelaah bagaimana cara mengatasi masalah di wilayahnya khususnya pada bencana. Ada beberapa aktivitas yang kami lakukan dalam kegiatan ini seperti sosialisasi pada masyarakat, bimbingan teknis, dan simulasi," tutur Tiara.

Sebagai penutup, Tiara mengungkapkan harapan agar kegiatan yang telah dilakukan bisa mencapai tujuan dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Kami sangat berharap kegiatan penanggulangan bencana dapat bermanfaat kepada masyarakat dan semoga dapat mencapai tujuan yang diharapkan," tutupnya. (JPT)

Posting Komentar