Suasana Pembukaan BIOTeach di SMK Kesehatan Terpadu Mega Rezky Makassar.
Sumber: Dok. Panitia

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) BIOma Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) adakan pembukaan kegiatan BIOma Teaching and Coaching Journalism (BIOTeach) pada Sabtu (17/09). Kegiatan BIOTeach diadakan di SMK Kesehatan Terpadu Mega Rezky Makassar yang diselenggarakan selama 3 hari, yakni Sabtu-Minggu (17-18/09) dan Sabtu (24/09) mendatang.

BIOteach merupakan salah satu program kerja baru dari LPM BIOma, yakni Bidang Riset dan Pengembangan. BIOteach ialah salah satu bentuk pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan di sekolah dengan memberikan materi dan pelatihan jurnalistik mengenai proses pembuatan berita, editing hingga publikasi.

Adapun tema yang diangkat pada kegiatan BIOteach kali ini yaitu ‘’Bersinergi Membangun Jurnalis Muda di Era Digital’’. Makna ini diangkat karena semakin berkembangnya teknologi semakin mudah berita didapatkan, di antara itu berita tidak sedikit yang termasuk berita hoax (bohong). Jadi, disitulah peran jurnalis memberikan informasi yang aktual dan faktual kepada masyarakat. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah SMK Kesehatan Terpadu Mega Rezky Makassar yang sekaligus membuka acara, Guru-guru SMK Kesehatan Terpadu Mega Rezky Makassar, Ketua Umum HMJ Biologi FMIPA UNM Tahun 2022, peserta kegiatan BIOTeach dan seluruh pengurus dan panitia kegiatan BIOTeach. 

Ketua Umum HMJ Biologi FMIPA UNM, Ali Baba mengungkapkan bahwa dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi wadah merealisasikan Tridharma perguruan tinggi.

"Saya ucapkan terima kasih kepada pihak sekolah SMK Mega Rezky Terpadu Makassar karena telah memfasilitasi LPM BIOma untuk melaksanakan program kerja BIOTeach. Kegiatan yang dilakukan oleh LPM BIOma terdapat harapan khusus bagi siswa-siswi SMK bisa merealisasikan Tridharma perguruan tinggi. Pada tempat atau lokasi BIOTeach merupakan wadah untuk bertukar pikiran atau sharing (baca: berbagi) terkait dengan jurnalistik," ungkapnya.

Kepala Sekolah SMK Kesehatan Terpadu Mega Rezky Makassar, Taufiq dalam sambutannya menjelaskan bahwa dalam perubahan zaman, tantangan-tantangan kedepannnya akan semakin berat, termasuk dalam hal ini tantangan di dunia kerja, olehnya itu sangat dibutuhkan kemampuan-kemampuan lain yang mempuni sehingga tidak akan digilas dengan perubahan zaman.

“Dengan banyaknya tantangan pada era milenial kedepannya, tantangan dunia kerja sangat ketat sehingga kemampuan tambahan sangat dibutuhkan. Bagi orang yang hanya mengandalkan kemapuan dasar akan digilas oleh perkembangan zaman, tetapi jika memiliki kesadaran akan perubahan zaman dengan menambah kekuatan atau menambah skill (baca: kemampuan) untuk menghadapi masa depan mereka akan terselamatkan. Kemampuan tersebut merupakan minat literasi  karena pada zaman sekarang literasi sangat rendah," ucapnya.

Beliau juga mengungkapkan bahwa LPM BIOma sudah berhasil menembus dunia pendidikan dengan terobosan baru berupa BIOTeach.

Ketua Panitia BIOTeach, Siti Khadijah Rajwa menyampaikan harapannya dengan melalui kegiatan ini, peserta lebih memahami literasi melalui pelatihan jurnalistik ini guna menumbuhkan pemahaman dalam dunia jurnalistik.

 “Harapan saya dengan diadakannya PJSTD (baca: Pelatihan Jurnalistik Siswa Tingkat Dasar) ini semoga dapat mendorong kemampuan adik-adik peserta BIOma Teaching and Coaching Journalism agar lebih memahami literasi melalui pelatihan jurnalistik ini guna menumbuhkan pemahaman adik-adik dalam dunia jurnalistik serta mencetak insan pers yang berkompeten di bidang jurnalistik," harapnya.

Posting Komentar