Agenda Foto Bersama dalam Program Goes to Campus SMA IT Provinsi Papua.
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Rabu (14/09)- Rombongan Program Goes to Campus Sekolah Menengah Atas (SMA) Islam Terpadu (IT) Ibnu Khaldun, Provinsi Papua, tahun ajaran 2022/2023 melakukan kunjungan ke Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) Pada Selasa (13/09) kemarin.

Wakil Kepala Sekolah SMA IT Ibnu Khaldun Provinsi Papua, Tri Hadjiroh Rhomdhiah menjelaskan maksud dan tujuan atas kunjungannya di FPsi UNM adalah sebagai bentuk sarana bagi siswa kelas XII (dua belas) untuk menempuh pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi serta dalam menghadirkan lulusan Psikologi di Provinsi Papua, khususnya di Merauke yang baru saja menjadi bagian dari Provinsi Papua Selatan.

"Pada tahun ini alhamdulillah kami (baca: wilayah Merauke) sudah berkembang menjadi Ibukota Provinsi Papua Selatan dan tentunya menjadi satu kewajiban kami bisa menghadirkan orang-orang yang bisa membangun tanah kami terutama di bidang Psikologi yang sangat dibutuhkan, baik itu di sekolah, keluarga dan lain-lain. Karena itu, menjadi satu semangat buat kami, motivasi kami bisa hadir kesini dan memang anak-anak kami juga ada beberapa yang punya keinginan besar untuk bisa melanjutkan jenjang pendidikannya ke Fakultas Psikologi," ucapnya dalam sambutan.

Dalam sesi kunjungan kali ini, para siswa dan guru pendamping SMA IT Ibnu Khaldun berkesempatan melakukan kunjungan ke beberapa ruangan di FPsi UNM seperti perpustakaan, ruang kelas dan Pusat Layanan Psikologi (PLP). 

Miftahul Jannah yang merupakan salah satu siswi SMA IT Ibnu Khaldun menyampaikan bahwa kunjungan kali ini sangat seru dan menyenangkan, ada banyak informasi yang dirinya dapatkan terlebih keramahan dari dosen dan mahasiswa FPsi UNM.

"Kalau orang yang baru pertama kali dengar Psikologi, pasti terpikirkan tentang kejiwaan, ternyata setelah tadi disampaikan oleh Dekan, ternyata Psikologi bukan hanya untuk kejiwaan-kejiwaan saja, tapi ada juga untuk yang perkembangan. Terus kelasnya ternyata seru kakaknya, asik, humble (baca: rendah hati), ramah, jadi kita yang sudah kelas XII yang mau memilih jurusan seperti ada sedikit harapan untuk mencoba masuk ke jurusan Psikologi," ucapnya saat usai melakukan kunjungan ke FPsi UNM.

Sejalan dengan Miftahul Jannah, Adinda Tiasalsabila mengaku bahwa dirinya sangat menikmati kunjungan ke FPsi UNM ini dengan harapan bahwa dapat memotivasi dirinya dan memiliki referensi-referensi terkait dunia perkuliahan.

"Kami kiranya bakal sepi atau kurang seru, tapi ternyata seru dan menyenangkan, jadi kita kayak enjoy (baca: menikmati). Kunjungan-kunjungan yang seperti ini bisa menjadi motivasi buat kita sebagai pelajar kelas XII untuk melanjutkan jenjang pendidikan dan bisa sebagai referensi," ujarnya.

Muh. Daud selaku Dekan FPsi UNM mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada pihak pimpinan sekolah yang telah memilih FPsi UNM sebagai salah satu daftar kunjungan di UNM.

"Kami atas nama pimpinan itu mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada guru pendamping karena sudah memilih Psikologi UNM sebagai salah satu sasaran atau salah satu kunjungan di Makassar," ucapnya. (HF)

Posting Komentar