Pamflet GEOMETRI 2022 oleh HMJ FMIPA UNM.
Sumber: Dok. Panitia

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali akan menyelenggarakan kompetisi tahunan, yaitu Genius on Mathematics in Real Application (GEOMETRI). GEOMETRI adalah ajang kompetisi untuk siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) serta Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Sulawesi.

GEOMETRI 2022 kali ini mengusung tema “Reaktualisasi Kapabilitas dan Afinitas Generasi Emas yang Berjiwa Matematika, Kompetitif, serta Kritis”. Tema yang diusung pada GEOMETRI tahun ini diharapkan dapat membangkitkan kembali jiwa kompetitif para siswa-siswi yang telah lama padam akibat pandemi Covid-19.

GEOMETRI 2022 mengusung beberapa item lomba, yakni : (1) Lomba Cepat Tepat Matematika (LCTM) Group, (2) LCTM Individu, (3) Lomba Media Pembelajaran.

Ketua Panitia GEOMETRI 2022, Asriadi mengungkapkan tujuan memilih tema tersebut karena maknanya. Dimana reaktualisasi disini bermakna membangkitkan kembali atau menyegarkan kembali dan yang mau dibangkitkan disini adalah kapabilitas dan afinitas, kapabilitas bermakna kemampuan dan afinitas bermakna minat. Lalu sasarannya adalah generasi emas yang merujuk kepada generasi zaman sekarang. Adapun sifat yang mau dibangkitkan adalah jiwa matematika yang tentunya adalah gambaran dari kegiatan GEOMETRI ini, jiwa kompetitif karna ini merupakan kegiatan yang bersifat kompetisi dan sifat kritis pada diri generasi emas.

"GEOMETRI 2022 berbeda dengan GEOMETRI tahun-tahun sebelumnya, dimana GEOMETRI tahun ini kami mengadakan rayon tiap kabupaten di Sulawesi. Untuk Provinsi Sulawesi Selatan terbagi menjadi 21 rayon yakni Makassar (Kampus Parangtambung UNM), Pangkep (SMAN 20 Pangkep), Maros (SMAN 1 Maros), Takalar (SMAN 1 Takalar), Barru (SMAN 1 Barru), Parepare (UPT SMAN 1 Parepare), Luwu Utara (SMAN 8 Luwu Utara), Toraja Utara (SMAN 2 Toraja Utara), Palopo (SMAN 2 Palopo), Enrekang (SMAN 2 Enrekang), Sidrap (SMAN 2 Sidrap), Pinrang (SMAN 11 Pinrang), Soppeng (SMAN 1 Soppeng), Bone (HMPS PGSD Bone FIP UNM), Wajo (SMAN 7 Wajo), Jeneponto (SMAN 10 Jeneponto), Bantaeng (SMAN 4 Bantaeng), Sinjai (SMAN 5 Sinjai), Bulukumba (SMAN 1 Bulukumba), Kepulauan Selayar (UPT SMPN 1 Selayar). Sulawesi Barat terbagi menjadi 2 rayon yakni, Majene (SMAN 2 Majene), Mamuju (BEM Universitas Tomakaka)," ungkap Ketua Panitia GEOMETRI 2022.

"Adapun rayon di luar Sulselbar yakni Sulawesi Utara (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Agama Islam IAIN Manado), Sulawesi Tenggara (HMPS Tadris Matematika IAIN Kendari), Sulawesi Tengah (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika UNTAD). Sedangkan rayon Gorontalo sementara dalam proses komunikasi untuk kerjasama rayon," jelasnya.

Terakhir, ia berharap dengan kegiatan ini siswa-siswi dapat kembali membangkitkan jiwa kompetisi.

"Dengan kegiatan GEOMETRI ini, siswa-siswi dapat kembali merasakan kompetisi secara offline (luring) dan juga bisa membangkitkan jiwa-jiwa kompetisinya yang telah lama padam akibat pandemi," harapnya.

Sementara itu, pendaftaran peserta telah dibuka sejak Senin-Minggu (18/07-25/09). Untuk link pendaftaran bisa diakses melalui situs dibawah ini :

Form Pendaftaran: 

https://bit.ly/pendaftaran-GEOMETRI2022

Form Buku Panduan:

https://bit.ly/PANDUAN-GEOMETRI2022

Posting Komentar