Ilustrasi Psikologika "Memelihara Hewan Ternyata Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental. Simak Penjelasan Berikut!".
Sumber: Google

Kebanyakan orang sering berpikir bahwa memelihara hewan itu merepotkan. Dimana ketika memelihara hewan diperlukan makanan dan tempat yang nyaman bagi hewan, serta harus membersihkan tubuh dan kotoran hewan tersebut. Namun dibalik hal yang merepotkan tersebut, memelihara hewan ternyata menyenangkan dan memberikan manfaat bagi kesehatan mental (Makarim, 2020). 

Memelihara hewan diketahui dapat mengurangi kecemasan dan stres (Makarim, 2020). Hal itu karena hewan peliharaan dapat menjadi sahabat, sumber kenyamanan, dan sumber motivasi bagi pemiliknya. Selain itu, hewan peliharaan juga dapat membantu pemiliknya untuk dapat menjalani kehidupan yang lebih sehat secara mental. 

Dikutip dari laman health.kompas.com, telah banyak riset yang membuktikan bahwa memelihara hewan dapat memperbaiki dan meningkatkan kesehatan mental, bahkan termasuk demensia dan depresi. Salah satu riset yang telah dilakukan oleh seorang ahli fisiologi bernama Cleveland Clinic, ia menemukan bahwa membelai hewan dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung, serta meningkatkan suasana hati. Selain itu, memelihara hewan dapat mengisi kekosongan hidup seseorang yang memiliki kesehatan mental yang rendah khususnya pada orang yang merasa kesepian. 

Dilansir dari alodokter.com dan halodoc.com, manfaat memelihara hewan terhadap kesehatan mental adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan aktivitas fisik

Segala kegiatan bersama dengan hewan peliharaan tanpa disadari dapat meningkatkan aktivitas fisik. Misalnya jalan-jalan sore, bermain tali dan bermain kejar-kejaran dengan hewan peliharaan. Dengan meningkatnya aktivitas fisik, tubuh jadi lebih segar dan bugar. 

2. Meredakan stres

Penelitian telah membuktikan bahwa kegiatan yang dilakukan bersama dengan hewan peliharaan dan tingkah menggemaskan dari hewan peliharaan membuat pikiran jadi lebih rileks yang membantu meredakan stres. 

Alasan mengapa memelihara hewan dapat meredakan stres adalah karena dengan melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan bersama dengan hewan peliharaan dapat meningkatkan produksi hormon endorfin dan oksitosin yang merupakan hormon penghasil rasa kebahagiaan, serta menurunkan tingkat produksi hormon kortisol (homon penghasil stres).

3. Mengurangi depresi 

Hewan peliharaan dapat menjadi seorang motivator bagi pemiliknya. Misalnya, anjing yang mendorong pemiliknya untuk berolahraga. Disamping itu, hewan peliharaan juga membawa efek menenangkan bagi pemiliknya. Sesuai dengan penelitian dari Cleveland Clinic, membelai hewan, duduk disebalah atau bermain dengan hewan peliharaan memberi efek bersantai dan menenangkan piikiran. 

4. Membantu bersosialisasi

Membawa hewan peliharaan beraktivitas selain dapat meningkatkan aktivitas fisik, ternyata dapat membantu pemiliknya untuk bersosialisasi. Misalnya bertemu dengan orang lain ketika mengajak hewan peliharaan bermain dan berjalan-jalan, atau bertemu dengan pemilik hewan lainnya. Pertemuan dengan orang lain tersebut pastinya membuat kedua pihak membangun sebuah komunikasi. Orang yang memiliki banyak hubungan sosial cenderung lebih sehat secara mental. 

5. Mengurangi kesepian

Hewan peliharaan dapat menjadi teman atau sahabat bagi pemiliknya. Hewan peliharaan memilki kemampuan untuk memberi rasa aman terhadap pemiliknya. Hewan peliharaan hadir sebagai pendamping pemiliknya dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. 

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa setiap jenis hewan peliharaan memiliki manfaat tersendiri terhadap kesehatan mental pemiliknya. Adapun penjelasannya adalah sebagai beirkut.

1. Anjing

Memelihara anjing diketahui dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kegiatan fisik, dan kemungkinan besar membuat pemiliknya dapat lebih bersosialisasi dengan orang lain. 

2. Ikan 

Dengan melihat ikan yang berenang di akuarium, dapat menurunkan tingkat stres dan tekanan darah. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan dengan melihat ikan berenang di akuarium dapat membawa perasaan rileks atau menenangkan.

3. Kucing dan Kelinci 

Hanya dengan membelai kucing dan kelinci diketahui dapat mengurangi tingkat kecemasan serta dapat meningkatkan kebahagiaan. 

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa memelihara hewan ternyata memiliki dampak positif terhadap kondisi kesehatan mental. Serta jenis hewan peliharaan pun membawa manfaat positif tersendiri terhadap kesehatan mental pemilknya. 

Untuk itu, orang harus merubah pola pikir bahwa memelihara hewan itu merepotkan dan menyusahkan. Karena dibalik merepotkan dan menyusahkannya hewan peliharaan terdapat manfaat yang sangat besar terhadap pemiliknya. Khususnya manfaat bagi kesehatan mental, dimana diketahui saat ini orang-orang rentan mengalami isu kesehatan mental. Harapannya, dengan memelihara hewan, maka isu kesehatan mental pun dapat dicegah ataupun diatasi. (012)

Referensi : 

Gan, G. Z. H., Hill, A., Yeung, P., Keesing, S., Netto, J. A. (2019). Pet Ownership and Its Influence on Mental Health in Older Adults. Aging & Mental Health. https://doi.org/10.1080/13607863.2019.1633620. 

Makarim, F. R. (23 Oktober 2022). Memelihara Hewan Bantu Jaga Kesehatan Mental, Kok Bisa?. Dikutip dari https://www.halodoc.com. Diakses pada 12 November 2022.

Pane, M. D. C. (4 Juli 2022). Belum Banyak Diketahui, Ini Manfaat Kesehatan Dari Mempunyai Hewan Peliharaan. Dikutip dari https://www.alodokter.com. Diakses pada 12 November 2022.

Anggraini, A. P. (30 April 2020). Memelihara Hewan Bantu Jaga Kesehatan Mental, Kok Bisa?. Dikutip dari https://health.kompas.com. Diakses pada 12 November 2022.

Posting Komentar