Gedung Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar.
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Senin (14/11)- Wakil Dekan I (WD I) Bidang Akademik Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) berlakukan konsep monitoring skripsi untuk deteksi dini kendala dan pemetaan status skripsi mahasiswa FPsi UNM.

Eva Meizara Puspita Dewi selaku WD I menjelaskan bahwa tujuan dilakukannya monitoring antara lain untuk mengontrol dan memantau mahasiswa, Dosen Pembimbing, dan Dosen Pendamping Akademik (PA) agar skripsi mahasiswa tersebut bisa selesai tepat waktu.

“Monitoring pertama biasanya menanyakan siapa Dosen Pembimbing, siapa Dosen PA karena keduanya akan kami optimalkan perannya, sampai dimana progresnya, dan apa kendalanya, disinilah letak deteksi kita secara dini mengontrol bagaimana mahasiswa menyelesaikan skripsi dengan tepat waktu,” jelasnya.

Lebih lanjut, Dosen dengan sapaan Eva tersebut menyampaikan bahwa dengan adanya monitoring ini mahasiswa akan termotivasi. Selain itu, monitoring akan mempermudah fakultas dalam memetakkan mahasiswa yang akan proposal, mahasiswa yang akan ujian akhir, mahasiswa yang bermasalah dengan Dosen Pembimbing, dan kendala yang dialami mahasiswa-mahasiswa tersebut.

“Pertama untuk mahasiswa agar mereka termotivasi, jadi mahasiswa itu kalau datang akan tersemangati menyelesaikan karena ditahu bahwa temannya sudah sampai mana, dia sampai mana. Kemudian yang kedua bagi kami sebagai pengelola pimpinan itu membuat peta yang memuat berapa orang yang akan ujian, berapa orang yang sampai proposal, berapa orang yang punya masalah dengan pembimbing, apa kendala-kendalanya, dan seterusnya,” sampainya.

Selanjutnya, Eva menambahkan bahwa monitoring ini dilakukan secara rutin sebulan sekali dan wajib diikuti oleh mahasiswa yang sedang skripsi.

“Kami lakukan sebulan sekali, jadi angkatan 2016 tanggal 16, angkatan 2017 tanggal 17, angkatan 2018 tanggal 18, tetapi jika itu terkena hari Jumat, Sabtu, Minggu, biasanya diubah kedepannya supaya tidak terganggu weekend-nya. Monitoring ini wajib diikuti, sebetulnya rugi bagi mereka yang tidak datang,” tambah Eva.

Akhir kata, Eva berharap dosen dan mahasiswa bisa saling bekerjasama dalam penerapan monitoring sehingga proses menyelesaikan skripsi dapat berjalan dengan baik.

“Saya berharap dosen dan mahasiswa bersinergi, identifikasi mahasiswa apa masalahnya, dosen apa masalahnya, dan seterusnya,” tutupnya. (DMR)

Posting Komentar