Pamflet Coming Soon PLT 2022.
Sumber: Dok. Panitia

Psikogenesis, Senin (14/11)- Kementerian Pendidikan dan Pelatihan (Kemendiklat) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) akan kembali pada konsep pendidikan dasar Psychology Leadership Training (PLT) sebagai pengganti konsep Psychocamp yang ditargetkan terlaksana pada bulan Desember mendatang.

Siti Hajar Auliannisa selaku Menteri Pendidikan dan Pelatihan (Mendiklat) BEM Kema FPsi UNM menjelaskan bahwa alasan Kemendiklat mengembalikan sistem PLT padahal sebelumnya sudah terlaksana Psychocamp, yakni karena ingin melakukan normalisasi periode kepengurusan BEM Kema yang memegang satu angkatan mahasiswa baru FPsi UNM bagi tiap periode kepengurusan.

"Sekarang kan Diklat pegang dua angkatan. Alasan utamanya (baca: kembali ke PLT) karena kita mau kembalikan lagi sistem dimana satu angkatan itu memang dipegang sama satu periode. Walaupun periode depan mungkin masih pegang dua angkatan (baca: 2022 dan 2023), tapi sisa follow up, karena penanaman nilainya mereka (baca: 2022) didapatkan dari Diklat yang sekarang," jelasnya.

Lebih lanjut, Mendiklat dengan sapaan Aul tersebut menjelaskan bahwa selain ingin mengembalikan sistem satu periode memegang satu angkatan, PLT dilaksanakan agar bisa mengefisienkan waktu, mengingat kepengurusan periode 2022-2023 memiliki waktu yang lebih singkat.

"Kami juga mau mengefisienkan waktu, artinya kita mau cepat selesaikan dan efisien waktu kegiatannya supaya bisa selesai langsung di periode ini, karena tidak mungkin kami buatkan lagi LDKM (baca: Latihan Dasar Kepemimpinan), Psychocamp, tidak sepanjang itu periode ini," lanjutnya.

Terkait target peserta, mahasiswa angkatan 2019 tersebut menyebutkan bahwa target peserta dalam PLT nantinya merupakan mahasiswa angkatan 2022 dan mahasiswa aktif FPsi UNM yang belum melulusi nilai-nilai pendidikan dasar.

"Kalau target itu pasti angkatan 2022 sama mahasiswa aktif yang belum melulusi nilai-nilai pendidikan dasarnya," sebut Aul.

Aul mengungkapkan, PLT kemungkinan besar akan dilaksanakan pada bulan Desember, tetapi untuk saat ini belum memiliki tanggal pasti kapan terlaksananya. Kemendiklat masih ingin mendiskusikan terkait hal tersebut, mengingat pada bulan Desember juga Ujian Akhir Semester (UAS) akan berlangsung.

"Tanggal pelaksanaannya sebenarnya di akhir November, tapi karena kami pertimbangkan waktunya terlalu mepet, kemungkinan akan diundur di Desember, tapi belum ada tanggal pastinya, kami masih akan koordinasikan dulu kepada pihak fakultas karena Desember itu ada UAS," ungkapnya.

Saat ditanya terkait progres PLT, Aul mengutarakan bahwa saat ini kepanitiaan telah dirampungkan dan secepatnya akan dilaksanakan rapat besar panitia.

"Untuk progres PLT sekarang kami sudah rampungkan kepanitiaannya, sudah ada SK (baca: Surat Keputusan), kemarin sudah rapat antara inti, koordinator, dan SC (baca: Steering Commitee), dan ada beberapa divisi yang sudah rapat internal, tapi insyaAllah di hari Senin rapat besar perdana," ujarnya.

Terakhir, Aul menyampaikan harapannya agar mahasiswa angkatan 2022 yang menjadi target utama PLT dapat berpartisipasi secara aktif, mengingat perkuliahan angkatan 2022 yang masih dilaksanakan secara daring. Selain itu, ia juga berharap agar keseluruhan peserta PLT bisa mengembangkan prospek kepemimpinan dalam dirinya.

"Harapan mahasiswa 2022 mereka bisa terlibat aktif dalam kegiatan ini, supaya mereka paham bagaimana berinteraksi secara langsung dengan masyarakat Kema, terutama dengan teman-teman angkatannya yang lain. Sama tentu harapannya mereka bisa paham lagi tentang prospek-prospek kepemimpinan yang bisa dikembangkan dalam dirinya," tutupnya. (WSM)

Posting Komentar