Sampul Lagu "No Surprise" oleh Radiohead.
Sumber: Google

Radiohead merupakan band rock asal Inggris, beraliran alternatif Inggris. Band Inggris ini beranggotakan lima orang, yakni Thom Yorke, Jonny Greenwood, Colin Greenwood, Ed O’Brien, dan Philip Selway.

Tahun 1997 Radiohead merilis album “OK Computer” yang mengubah hidup mereka, setelah mereka melewati masa suram di studio Oxforshire dan Somerset. Album OK Computer berhasil terpilih menjadi Album of the Year pada penghargaan musik Grammy Award. Tidak hanya itu, album yang dibuat band asal Inggris ini dinobatkan oleh media Rolling Stone sebagai album terbaik sepanjang masa dengan berada diperingkat 42 dari 500 album terpilih.

Di antara lagu-lagu terbaik pada album Ok Computer, terdapat lagu yang paling banyak disukai, yaitu No Surprises. Lagu No Surprises mendapatkan rating 4.26/5 pada situs Rate Your Music. Lagu yang ditulis oleh Them Yorke pada tahun 1996 ini telah diputar sebanyak 342 ribu kali di Spotify.

Dikutip dari Steemit, Them Yorke mengatakan lirik lagu No Surprises menjelaskan seseorang yang berusaha keras untuk tetap bersama tetapi tidak bisa. Lebih lanjut, pria Inggris ini menjelaskan liriknya juga menggambarkan ketidakpuasan terhadap tatanan sosial dan politik di dunia, seseorang yang memiliki kehidupan yang tidak memuaskan dan pikiran untuk bunuh diri.

Lirik “such a pretty house and such a pretty garden,” memiliki arti seseorang memimpikan kehidupan sempurna di pinggiran kota.

Lirik lain “a heart that's full up like a landfill,” menurut Yorke dilansir dari Steemit adalah sajak anak-anak kacau yang berasal dari obsesi tidak sehat saya tentang apa yang harus dilakukan dengan kotak plastik dan botol plastik. Semua barang ini terkubur, puing-puing hidup kita. Itu tidak membusuk, itu hanya tinggal di sana. Begitulah cara kita berurusan, begitulah cara saya menangani barang, saya menguburnya.

Di bawah ini merupakan potongan lirik yang diterjemahkan:

"Hati yang penuh bagai pembuangan sampah
Pekerjaan yang perlahan membunuhmu
Luka yang takkan sembuh
Kau tampak amat lelah dan tak bahagia"

Pembaca silahkan menyimak dan merenungkan dalam-dalam arti lagu ini, resapi dengan perasaan sepenuhnya. Kalian dapat dengan bebas menghubungkan lirik lagu di atas dengan segala hal. 

Lagu No Surprises dikemas dengan nuansa kesuraman dan keindahan. Lagu tersebut memiliki kontras yang tajam antara lirik yang keras dan gitar serta melodi yang ceria dan menenangkan. Hal ini merupakan sesuatu yang ingin dicapai oleh band pada album Ok Computer. (TFR)

Referensi

https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_awards_and_nominations_received_by_Radiohead, diakses 16 November 2022

https://www.hops.id/sport/pr-2944855261/lirik-dan-makna-politis-lagu-no-surprise-radiohead-viral-dicover-ulang-efek-rumah-kaca, diakses 16 November 2022

https://www.ft.com/content/43437496-5017-11e7-a1f2-db19572361bb, diakses 16 November 2022

https://steemit.com/music/@blazek/the-story-behind-no-surprises-by-radiohead, diakses 16 November 2022

https://rateyourmusic.com/release/single/radiohead/no-surprises/, diakses 16 November 2022

Posting Komentar