Tudang Sipulung FPsi UNM di Aula MTM FPsi UNM dan Zoom Cloud Meeting pada Jumat (02/12).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Sabtu (03/12) – Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) adakan Tudang Sipulung sebagai penampung aspirasi dari civitas academica dalam persiapan pemilihan Dekan FPsi UNM periode 2023-2027 yang digelar pada Jumat (02/12) kemarin secara blended melalui Zoom Cloud Meeting dan Aula Mohamed Thayeb Manrihu (MTM) FPsi UNM. 

Kegiatan Tudang Sipulung ini merupakan salah satu serangkaian kegiatan Pemilihan Dekan, dimana mengundang seluruh civitas academica FPsi UNM untuk ikut berpartisipasi. Lukman selaku Wakil Dekan (WD) II Bidang Keuangan dan Administrasi dan juga Ketua Panitia pemilihan Dekan FPsi UNM periode 2023-2027 menyebutkan bahwa dalam Tudang Sipulung ini terdiri dari tiga rangkaian acara. 

Lukman selaku pimpinan rapat Tudang Sipulung memaparkan bahwa dalam rangkaian acara yang pertama diisi dengan sosialisasi persyaratan bakal calon Dekan, beberapa diantaranya adalah berstatus Pegawai Negeri Sipil, berusia paling tinggi 60 tahun, dan berpendidikan Doktor (S-3).

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan hasil survei aspirasi pemilihan Dekan yang diisi oleh para civitas academica FPsi UNM, yaitu mahasiswa, dosen, dan alumni. Dengan hasil survei yang perlu dikembangkan yaitu fasilitas di area kampus, pengembangan mahasiswa dan jumlah mahasiswa. 

“Ada 189 responden dengan masing-masing kriteria yang paling banyak itu mahasiswa dan ada juga dosen dan alumni, ini merupakan penilaian terhadap kinerja pimpinan termasuk sampai ke unit penjamin mutu jadi kalau dipenilain kinerja di universitas yang dinilai itu adalah termasuk pimpinan mulai dekan sampai ke unit penjamin mutu fakultas,” jelasnya.

Selanjutnya, pemaparan aspirasi dari seluruh civitas academica yang merupakan agenda terakhir dari Tudang Sipulung tersebut. Dari beberapa aspirasi yang telah disampaikan oleh civitas academica, Faradillah Firdaus selaku Dosen FPsi UNM yang turut menyampaikan aspirasinya terkait jumlah mahasiswa yang terlalu banyak sehingga ia merasa tidak memiliki waktu dalam pengembangan diri bagi para dosen.

“Saya tekankan ini lebih ke jumlah mahasiswa sebenarnya yang terlalu banyak, akhirnya terfokus dengan kegiatan belajar mengajar terus nanti kita ditunjuk bagaimana ini dengan penelitiannya, mana pengembangannya,” tutur dosen dengan sapaan Ila tersebut.

Ila lanjut menyampaikan harapannya untuk Dekan yang terpilih nantinya agar bisa mengembangkan FPsi UNM lebih baik lagi, dosen, pegawai, dan mahasiswa yang termasuk di dalamnya bisa lebih sejahtera dan beradab.

“Semoga kedepannya Psikologi bisa lebih baik lagi, akreditasnya lebih unggul, terus bisa sejahtera pegawai dan dosennya, terus sama mahasiswanya juga lebih beradab dan berakhlak,” harapnya.

Aspirasi selanjutnya disampaikan oleh aspirasi dari Asniar Khumas yang juga merupakan Dosen FPsi UNM. Sama halnya dengan penyampaian Ila, dosen dengan sapaan Niar ini turut menyampaikan keresahan mengenai masalah jumlah mahasiswa, sehingga berpengaruh pada fasilitas kampus yang tidak mencukupi, karir dosen dan juga waktu pelayanan mahasiswa atau kualitas pelayanan.

“Jadi bagaimana mensinergikan semua hal ini sehingga pihak fakultas dengan segala perangkatnya seperti fasilitas yang dinikmati oleh kalian, ada presentasenya berapa jumlah toilet dengan jumlah kalian tapi untuk jumlah mahasiswa tidak seperti yang ada di kita sekarang, bagaimana jalan keluarnya. Saya menitipkan harapan yang akan datang agar bisa mengakomodasi hal ini,” jelasnya. 

Terakhir, Niar juga mengungkapkan harapannya mengenai kepemipinan kedepannya agar lebih berintegritas, memiliki jiwa kepemimpinan agar mampu mewujudkan FPsi UNM yang lebih ideal sesuai dengan perkembangan yang ada. 

“Harapan saya kepemimpinan kedepan bisa memetakan semua hal yang arahnya kita kemana, berintegritas, dia paham sebagai seorang pemimpin, dia punya kemampuan mewujudkan Fakultas Psikologi yang ideal sesuai dengan perkembangan yang ada di Indonesia atau bahkan di internasional,” ujarnya.

Sebelum ditutupnya kegiatan, oleh Ketua Panitia menyampaikan kepada tiga saran nama calon Dekan yang memenuhi persyaratan, untuk mengirimkan berkas formulir mulai hari Senin (05/12) mendatang. WD II juga menambahkan akan mengirimkan surat ke semua fakultas untuk mencari calon di luar FPsi UNM.

“Saya langsung sebut saja namanya Lektor Kepala S-3, pak Ahmad, bu Marli, dan pak Daud itu sarannya Lektor Kepala S-3. Yang memenuhi syarat hari Senin mulai akan dikirimkan oleh panitia semua berkas formulir untuk diisi dan kami juga akan menembuskan surat ke semua fakultas untuk mencari calon dari luar,” jelasnya. 

Akhir agenda, Lukman mengucapkan apresiasi kepada civitas academica yang telah hadir di aspirasi Tudang Sipulung dengan harapan agar kegiatan pemilihan Dekan dapat berjalan dengan lancar sampai Januari 2023 pekan kedua mendatang.  

“Terima kasih banyak atas kehadirannya ini, alhamdulillah semua hadir, terimakasih banyak dukungannya, mudah-mudahan lancar sampai Januari 2023 minggu kedua,“ tutupnya. (BI)

Posting Komentar