Ilustrasi Psikologika "Mengenal Backburner dari Lagu NIKI, Jangan Sampai Kamu Ikutan Terjebak!".
Sumber: Pinterest

Hayoo siapa nih yang suka dengar lagunya NIKI? Belum lama ini NIKI merilis album keduanya yang bertajuk Nicole. Album tersebut terdiri dari 12 lagu, salah satunya adalah lagu dengan judul Backburner. Lagu ini mengisahkan tentang seseorang yang tidak pernah menjadi prioritas kekasihnya. Meski sering tersakiti, ia tetap bertahan dalam hubungan tersebut. Salah satu penggalan lirik lagunya adalah ”Oh, and I know that it’s sad I settle for the backburner”.

Apa sih sebenarnya backburner itu?

Ketika seseorang sedang menjalin hubungan asmara dengan orang lain, baik itu pacaran maupun tunangan tapi disisi lain juga memiliki orang kedua, ketiga, bahkan keempat sekedar untuk teman chat setiap hari, maka orang tersebut adalah backburner

Sebut saja orang kedua tersebut sebagai "gebetan cadangan". Ketika hubungan seorang backburner dengan pacarnya gagal atau kandas, maka ia akan lari kepada gebetan cadangannya itu. 

Mengapa seseorang menjadi backburner?

Dilansir dari girlsbeyond.com rasa tidak puas dalam sebuah hubungan menjadi alasan utama seseorang seseorang menjadi backburner. Bukannya mengomunikasikan masalah dengan pasangannya, malah memilih untuk mencari "gebetan baru" di luar sana.

Selain itu, takut akan kesepian juga jadi alasannya. Mungkin kamu pernah melihat orang yang hidupnya kelihatannya pacaran terus. Habis putus dengan satu orang, besoknya sudah punya gandengan baru lagi. Seolah-olah mereka tidak bisa hidup melajang. Nah, seringkali seseorang menjadi backburner karena takut kesepian apabila tidak punya pasangan. 

Tanda kamu terjebak dengan backburner

Kamu pasti gak mau kan menjalin hubungan dengan seorang backburner? Sebab mereka hanya mengutamakan kepentingan mereka dan tidak memikirkan perasaan orang lain.

1. Lebih sering berkomunikasi lewat gadget

Backburner biasanya cenderung memilih untuk berkomunikasi lewat gadget. Misalnya mengirim pesan, telepon, maupun video call. Backburner juga biasanya suka hilang-hilangan dan memilih berkomunikasi di waktu-waktu tertentu. Hal itu karena kamu bukanlah prioritas baginya.

2. Suka flirting tapi takut berkomitmen

Backburner biasanya ahli dalam menggombal dan menghujani kamu dengan kata-kata manis, seperti "suatu saat kamu akan jadi milikku" padahal hanya omong kosong. Tapi, jangan sampai kamu termakan dengan janji-janji manisnya ya karena mereka mengatakan hal tersebut hanya sebatas karena takut kehilangan kamu bukan untuk berkomitmen dengan kamu. Nah, kalau kamu lagi berada dalam hubungan yang gak jelas kayak gini hati-hati yah! Mungkin kamu lagi terjebak dengan backburner.

3. Posesif

Bukan siapa-siapa, datang cuma saat butuh tapi posesifnya minta ampun. Iya, backburner memang punya sifat demikian. Meski kamu bukan prioritas, mereka akan berusaha mengikatmu dalam hubungan yang tidak jelas arahnya kemana. 

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan apa itu backburner dan bagaimana cirinya. Kalau kamu punya gebetan backburner, belum terlambat buat kamu untuk keluar dari hubungan tersebut. Karena kamu pantas mendapatkan yang terbaik dan menjadi prioritas bukan hanya sebagai cadangan. (EN)

Sumber:

Herstory.co.id. (Agustus, 20 2021). Terjebak dalam Hubungan Backburner? Ini Ciri-Ciri dan Cara Mengakhirinya, Beauty! Diakses dari https://www.google.com/amp/s/herstory.co.id/amp/read24122/terjebak-dalam-hubungan-backburner-ini-ciri-ciri-dan-cara-mengakhirinya-beauty

Girlsbeyond.com. (November, 13 2022). Berkaca dari Lagunya NIKI, Jangan Sampai Kamu Masuk Jebakan Backburner! Diakses dari https://www.google.com/amp/s/girlsbeyond.com/2022/11/13/read/personal-growth/berkaca-dari-lagunya-niki-jangan-sampai-kamu-masuk-jebakan-backburner/

Posting Komentar