Pamflet Calon Dekan FPsi UNM Periode 2023-2027.
Sumber: Instagram @psikologi_unm

Psikogenesis, Selasa (27/12)- Pendaftaran calon Dekan periode 2023-2027 FPsi UNM ditutup dengan dua bakal calon, yaitu Ismarli Muis dan Ahmad Razak. Kemudian akan dilanjutkan dengan pemaparan visi-misi oleh kedua bakal calon dan pemilihan Dekan FPsi UNM pada Jumat (30/12), serta penetapan Dekan terpilih pada Senin (09/01) mendatang.

Lukman selaku Ketua Panitia Pemilihan Dekan Periode 2023-2027 FPsi UNM menjelaskan bahwa tahap selanjutnya dari pemilihan Dekan adalah pemaparan visi-misi dan pemilihan Dekan pada Jumat (30/12), dan penetapan Dekan terpilih pada Senin (09/01).

“Pemilihan itu di tanggal 30, dimajukan. Visi-misi tanggal 30, berapapun calon yang presentasi, nanti di tanggal 9 Januari yang dua itu (baca: dua calon Dekan periode 2023-2027) akan dipilih menjadi satu,” jelasnya.

Lukman menuturkan bahwa pemaparan visi-misi nantinya akan dihadiri oleh Rektor UNM, Husain Syam. Tanggal pemaparan visi-misi yang ditentukan oleh panitia pemilihan Dekan periode 2023-2027 ini akan menyesuaikan jadwal dari Rektor UNM.

“Visi-misi ini akan dihadiri Rektor. Kita sudah tetapkan ditanggal (30/12) apakah Rektor bisa hadir atau tidak, tapi kalau Rektor tidak bisa di tanggal itu, maka nanti jadwalnya menyesuaikan, rencananya begitu, belum tahu nanti bagaimana keputusannya,” tutur Dosen FPsi UNM tersebut.

Selanjutnya, Lukman menjelaskan bahwa Rektor UNM akan langsung memberikan suaranya setelah pemaparan visi-misi, namun bila Rektor UNM tidak hadir, maka Senat akan melakukan voting kemudian akan menyerahkan surat kepada Rektor agar memberikan hak suaranya.

“Saya baru mau ketemu pak Rektor, apakah beliau berkenan hadir saat Senat memilih calon Dekan, jadi kalau beliau hadir, langsung dia kasih masuk juga suaranya. Misal pak Rektor tidak hadir di pemilihan, hanya Senat, maka Senat voting lalu dia bikin surat, baru surat itu diserahkan ke Rektor, nanti Rektor tunjuk suaranya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Lukman memaparkan bahwa calon Dekan FPsi UNM akan dipilih berdasarkan 35% suara dari Rektor UNM dan 65% dari Senat FPsi UNM yang terdiri atas Muh. Daud selaku Dekan FPsi UNM, Eva Meizara Puspita Dewi selaku Wakil Dekan (WD) I, Lukman selaku WD II, Resekiani Mas Bakar selaku WD III, Haerani Nur selaku Ketua Jurusan (Kajur), Ahmad Ridfah selaku Ketua Prodi (Kaprodi), Widyastuti, dan Ismarli Muis selaku Ketua Senat FPsi UNM.

“65% itu punya Senat, 35% dari Rektor. Kita kan Senat di Psikologi itu delapan. Senat itu semua pimpinan, Dekan, Wakil Dekan I sampai III, terus Kajur, Kaprodi, Ibu Wid, dan Ibu Marli,” paparnya.

Bagi yang memiliki hak suara, Lukman yang juga merupakan WD II Bidang Administrasi dan Keuangan FPsi UNM ini berharap agar pemilih nantinya dapat memilih calon berdasarkan visi-misi serta program kerja dari kedua calon Dekan FPsi UNM.

“Harapan saya, masing-masing punya pertimbangan, pasti semua yang maju punya program kerja atau visi-misi yang bagus, sekarang masing-masing Senat boleh memilih calonnya yang sesuai dengan program kerja apa yang mau dicapai oleh masing-masing calon,” harapnya.

Terakhir, Lukman menyampaikan pesan bagi calon Dekan terpilih FPsi UNM periode 2023-2027 untuk lebih peduli dengan FPsi UNM, memajukan FPsi UNM.

“Harapan saya sama dengan anggota Senat yang lain, peduli dengan kampus, memajukan kampus, tapi kan beda masa, beda tantangan, beda jenis kepemimpinan yang diharapkan, tidak tahu nanti kedepan seperti apa,” tutupnya. (AAA)

Posting Komentar