Sampul Lagu "Vienna" oleh Billy Joel.
Sumber: Youtube Music

Slow down and enjoy today. Jangan memaksakan diri melakukan banyak hal dalam sekali waktu. Sisa hidup kita ada di depan mata. So, nikmati perjalanannya kawan.

Slow down you crazy child.
You’re so ambitious for a juvenile.

Itulah penggalan pertama lirik lagu Vienna yang dinyanyikan oleh Billy Joel. Lagu ini ditulis oleh Joel dan dirilis sebagai bagian dari album The Stranger pada tahun 1977, namun tidak sepopuler sekarang. Faktanya, Vienna dirilis sebagai B-Side dari lagu Just the Way You Are, sebab kemungkinan Joel percaya bahwa lagu Vienna ini akan terkubur dalam diskografinya. Namun, hari ini lagu tersebut adalah salah satu lagu Joel yang paling banyak diputar dari album Piano Man.

Vienna dimulai dengan intro piano seperti Kurt Weil yang sedih, membangkitkan nada kabaret Eropa yang melankolis dan kemudian bergerak menjadi balada yang indah.

Vienna atau Wina adalah sebuah kota di Austria. Lantas ada apa dengan Vienna? Apa yang terjadi disana? Slow down, mari kita bahas makna Vienna bagi Billy Joel di bawah ini.

Secara luas, Vienna adalah metafora sebagai bertambahnya usia atau sisa hidup. Lagu yang bergaya carpe diem ini mengajak agar setiap orang meluangkan waktu mencium aroma mawar di Vienna daripada menghadapi situasi sulit dengan cara yang sangat langsung.

Slow down you’re doing fine.
You can’t be everything you want to be before your time.
Although it’s so romantic on the borderline tonight (tonight).

Menurut Joel, bertambahnya usia adalah hal yang positif karena ada begitu banyak kehidupan yang harus dijalani di usia tua. Selanjutnya, Vienna mewakili dekade dimana banyak orang harus menikmati momen-momen dalam kehidupan ini.

But you know that when the truth is told.
That you can get what you want.
Or you can just get old.
You’re gonna kick off before you even get halfway through (Oooh).
When will you realize, Vienna waits for you.

Dalam lagu ini, perspektif Joel tentang bertambahnya usia hampir seluruhnya berasal dari ayahnya. Ketika Joel masih kecil, ayah dan ibunya berpisah, lalu kembali ke Eropa, Vienna tepatnya.

Dalam sebuah wawancara tahun 2008 Joel mengatakan, "Dia (ayahnya) kembali ke Eropa dan saya hampir tidak pernah mendengar kabar dari pria itu lagi," ujarnya.

"Saya tidak tahu apakah dia hidup atau mati. Ketika saya melakukan tur pertama saya di Eropa, saya berusia awal 20-an, dan saya mencarinya. Saya mendapat kabar bahwa ayah saya bekerja di sebuah kantor di Vienna, Austria. Saya berkata 'Ya Tuhan, dia masih hidup'."

Setelah mendengar kabar ini, Joel pergi mengunjungi ayahnya di Vienna. Segera setelah itu, saat berjalan-jalan di sekitar kota bersamanya, Joel dikejutkan dengan inspirasi untuk lagunya dengan nama yang sama, Vienna.

"Kami sedang berjalan di kota dan saya ingat melihat seorang wanita tua menyapu jalan dan saya berkata, 'Ayah, agak sedih bahwa wanita tua yang malang itu harus melakukan pekerjaan semacam itu.' Dia berkata, 'Tidak, dia punya pekerjaan, dia merasa berguna, dia punya tempat di masyarakat kita'," kenang Joel.

"Saya menyadari mereka (orang Eropa) tidak membuang orang tua seperti yang cenderung kita lakukan di sini di Amerika Serikat. Mereka memungkinkan orang-orang yang berusia lanjut untuk memiliki tempat yang berguna dan saya berpikir, 'ya tahu itu metafora yang bagus untuk dipertimbangkan oleh seseorang seusia saya.' Anda tidak perlu memeras seluruh hidup Anda di usia 20-an dan 30-an, mencoba untuk mencapai impian, masuk dalam perlombaan tikus, dan bunuh diri. Anda memiliki seluruh hidup untuk dijalani."

Secara keseluruhan bagi Joel, Vienna terdengar seperti tempat yang cukup bagus. 

Joel berkata, "Apa pun yang Anda lakukan, jadilah pandai dalam hal itu, dan setiap kali Anda sampai di sana, sampailah anda." dikutip dari SongFacts.

Take the phone off the hook and disappear for a while.
Vienna waits for you.

Dalam lirik di atas, rupanya Joel meberi pesan kepada kita untuk tidak menggunakan telepon dan menghilang sementara waktu dari kesibukan. Yuk singkirkan ponsel dan tablet mu. Tidak akan ada yang terlewatkan kok.

It's alright you can afford to lose a day or two
When will you realize.
Vienna waits for you.   

Tidak apa-apa, kamu bisa kehilangan satu atau dua hari karena Vienna menunggumu.

Ga usah terburu-buru ya, jangan terlalu ambisius untuk mencapai kesuksesan, sampai lupa menikmati hidup.

Referensi:

https://americansongwriter.com/meaning-vienna-billy-joel-song-lyrics/, diakses 21 November 2022.

https://storyofsong.com/story/vienna/, diakses 21 November 2022.

https://www.onefinalserenade.com/vienna.html, diakses 21 November 2022.

https://www.cheatsheet.com/entertainment/vienna-lyrics-and-the-story-behind-the-billy-joel-song.html/, diakses 21 November 2022.

Posting Komentar