Potret Guntur Gagairate Anwar, Presiden BEM UNM Periode 2022-2023.
Sumber: Dok. Pribadi

Psikogenesis, Sabtu (31/12)- Guntur Gagairate Anwar telah terpilih sebagai Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Negeri Makassar (UNM) Periode 2022-2023 secara aklamasi pada forum Musyawarah Besar (Mubes) Lembaga Kemahasiswaan (LK) dengan tema "Revitalisasi LK UNM: Sinergi Persatuan Mewujudkan Lembaga Progresif dan Berintegrasi" pada Jumat (30/12) di Aula Wisma Tirta Kencana Watampone. 

Guntur Gagairate Anwar atau yang akrab disapa Guntur, dalam pidato orasinya menyampaikan visi dan misi yang akan digunakan selama menjabat sebagai Presiden BEM UNM yaitu:

Visi:

Mengembangkan tata kelola lembaga kemahasiswaan yang berakuntabilitas dan profesional dalam bingkai UNM satu.

Misi:

1) Menciptakan iklim lembaga kemahasiswaan yang berasaskan profesionalitas guna meningkatkan hard skill dan soft skill dalam berlembaga.

2) Menciptakan sinergisitas dan kolaboratif pada civitas akademika serta elemen masyarakat yang peduli terhadap bidang pendidikan dan sosial.

3) Menjadi wadah transparansi bagi aspirasi mahasiswa dan masyarakat demi kesejahteraan, dan kedamaian serta ketentraman mahasiswa dan masyarakat dalam kehidupan bernegara.

4) Menyelenggarakan kegiatan berbasis riset dan penelitian sebagai upaya mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

5) Mengoptimalkan peran mahasiswa dengan berbagai kegiatan dalam meningkatkan kepekaan sosial, budaya, politik, dan lingkungan.

Pada sesi pemaparan visi dan misi, mahasiswa yang berasal dari Fakultas Seni dan Desain (FSD) ini menyampaikan bahwa minimnya perjuangan dan tanggung jawab sosial merupakan bentuk dari tidak berjalan lancarnya rencana yang direncanakan.

"Yang menjadi suatu kendala adalah terkadang suatu organisasi tidak berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan sehingga mereka tidak memiliki kemampuan untuk merubah suatu keadaan atau setidaknya menyadarkan sebuah identitas mahasiswa sehingga rentan terjadi minim akan perjuangan dan minim tanggung jawab sosial," ucapnya.

Berdasarkan hal tersebut, Guntur menyampaikan bahwa menjadi Presiden BEM UNM bukan tanggung jawab yang mudah, namun dirinya meyakini bahwa mahasiswa merupakan agen perubahan.

"Terima kasih atas kesempatannya, bukan tanggung jawab yang mudah ketika saya terpilih sebagai Presiden BEM UNM Periode 2022-2023 tapi satu kalimat yang saya yakini adalah mahasiswa sebagai agen perubahan," tutupnya. (HF)

Posting Komentar