Lagu "Be My Mistake".
Sumber: Dok. Pribadi

Kalian pernah gak jatuh cinta terhadap satu orang yang spesial tapi kalian gak pernah memiliki kesempatan untuk memiliki seseorang itu, atau mungkin sempat memiliki namun hubungannya gak berjalan lancar, dan karena kalian masih bergantung di orang itu kalian malah mencari pelampiasan di orang lain, lah kok gitu?

Lagu yang diciptakan oleh band indie asal Inggris (The 1975) ini menceritakan tentang rasa bersalah seseorang ketika menjalin hubungan dengan seseorang yang merupakan pelampiasannya, namun diwaktu yang sama dia membutuhkan orang tersebut untuk memenuhi kebutuhannya akan kasih sayang.

"She bought me those jeans
The ones you like"

Di baris pertama lagu ini, penulis sudah memberikan kesan seakan hal-hal yang dilakukan oleh pasangan barunya selalu mengingatkan dirinya kepada mantan lamanya yang masih dia sayangi, pada baris ini penulis lebih menjelaskan bahwa jeans yang disukai oleh kekasih barunya merupakan sebuah pemberian dari mantannya.

"The smell of your hair
Reminds me of her feet"

Pada baris ini penulis menampakkan secara jelas bahwa hampir seluruh aspek yang dimiliki oleh kekasih barunya membuatnya mengingat mantan kekasihnya, di baris ini penulis menjelaskan bahwa aroma rambut kekasih barunya membuatnya mengingat kaki mantan kekasihnya.

Disaat semua orang sering mengingat pasangannya dari matanya, rambutnya atau mungkin aroma tubuhnya, penulis memilih untuk menuliskan kaki bagian yang lepas dari kata feminim untuk menunjukkan betapa besar rasa sayangnya kepada mantan kekasihnya.

"I shouldn’t have called
‘Cause we shouldn’t speak
You do make me hard
But she makes me weak"

Di baris ini penulis menyatakan bahwa apa yang dia lakukan tersebut itu salah, dan dia juga menyadari bahwa dia hanya memanfaatkan gadis tersebut untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh mantan kekasihnya. Penulis juga menjelaskan terkait perbedaan antara cinta dan nafsu.

Memang memenuhi nafsu itu enak, tapi pernah gak sih kamu jatuh cinta sampai kamu merasa rapuh di depan pasangan kamu?
"And save all the jokes you're going to make
Whilst I see how much drink I can take
Then be my mistake"

Pada baris ini penulis menunjukkan bahwa dia tidak ingin hubungan yang dijalaninya dengan kekasih barunya menjadi hubungan intelektual atau emosional, penulis menjelaskan bahwa dia menolak untuk mendengarkan jokes dari kekasihnya untuk memberikan batasan bahwa kekasihnya tersebut hanyalah sebuah pelampiasan. Penulis memberikan kesan bahwa dia sedang terpuruk dan dia hanya ingin berdua dengan seseorang dan mabuk walaupun dia tau kalau hal tersebut hanyalah pelampiasan sementara dan penulis pun meminta kekasihnya untuk menjadi kesalahannya “Be His Mistake”.

"'Be My Mistake' adalah lagu tentang rasa bersalah. Ini tentang ketika kau masih muda dan terkadang kau berjuang untuk mencari tahu apa yang sebenarnya kau inginkan, dan terkadang, seperti banyak hal, kau harus membuat kesalahan terlebih dahulu sebelum benar-benar memahami apa yang kau miliki," jelas Healy (Vokalis The 1975).

Walaupun lagu ini menceritakan tentang seseorang yang menjadikan orang lain pelampiasan, namun banyak juga yang mendengarkan lagu ini dan melihat dari sudut pandang perempuan yang dijadikan pelampiasan tersebut.

“This hits different when you’re the mistake”

Lagu ini terasa berbeda ketika kamu yang jadi “mistake“ nya

- Lover (@lover4097) 14 Juli 2021. (FIR)

Referensi:

https://genius.com/The-1975-be-my-mistake-lyrics

https://www.sonora.id/read/423382969/lirik-lagu-be-my-mistake-the-1975-lengkap-dengan-terjemahan

Posting Komentar