Pamflet Dekan Terpilih FPsi UNM Periode 2023-2027.
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Kamis (26/01)- Dekan Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) periode 2023-2027, Ahmad Razak, telah ditetapkan pada Rapat Senat tertutup Rabu (25/01) di Ruang Senat gedung BM Lt. 2 kemarin.

Lukman selaku Ketua Panitia pemilihan dekan FPsi UNM tersebut menyampaikan bahwa terpilihnya Ahmad Razak sebagai Dekan bukan melalui tahap pemilihan melainkan melalui musyawarah mufakat yang dilakukan pada tahap penyaringan melalui Rapat Senat.

"Ada 4 tahap dalam pemilihan dekan yang pertama adalah penjaringan, penyaringan pemilihan, penetapan. Ada memang satu tahap yang kita lewati yaitu pemilihan, jadi pemilihan itu tidak dilakukan," ungkapnya.

Lebih lanjut Lukman menjelaskan alasan tidak dilakukannya pemilihan yaitu karena pada tahap penyaringan terdapat perbedaan pendapat mengenai aturan apakah akan menggunakan sistem voting atau musyawarah, sehingga keputusan yang diambil yaitu menentukan satu calon melalui musyawarah mufakat atau biasa disebut aklamasi.

"Musyawarah mufakat itu adalah jalan yang ditempuh jika kita mau menetapkan hanya satu. Akhirnya kita bilang kita sepakati saja kalau memang benar itu yang disepakati, dinyatakan musyawarah kita tetapkan satu," jelas Lukman saat diwawancarai oleh reporter.

Terkait dukungan yang diberikan, Lukman menyampaikan bahwa seluruh Anggota Senat termasuk Ismarli Muis yang juga merupakan kandidat calon Dekan FPsi UNM memberikan dukungannya secara penuh untuk Ahmad Razak pada saat musyawarah mufakat.

"Karena calonnya tinggal satu, bu Marli serahkan semua dukungan ke pak Ahmad, bulat, teman-teman di Senat juga sepakat bahwa delapan suara semua ke pak Ahmad," ungkapnya.

Proses pemilihan dekan periode ini diakui Lukman sangat unik dan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, ia menyampaikan bahwa suara dari Anggota Senat sangat independen dan tidak dapat diketahui hingga tahap akhir yang berujung aklamasi. Namun semua telah selesai dengan ditetapkannya Ahmad Razak sebagai Dekan FPsi UNM periode 2023-2027.

"Serius sekali gitu dibandingkan pemilihan sebelumnya, karena dulu suara sebelum pemilihan itu sudah jelas kemana, namun saat ini Anggota Senat sangat independen jadi sampai detik terakhir saja itu tidak diketahui suara itu akan kemana jika melalui voting. Terakhir itu karena dilakukan pemeriksaan aturan-aturan dan konsultasikan ke Rektor yang membuat pemilihan kali ini sangat unik," tutupnya.

Tahap selanjutnya, Ahmad Razak akan dilantik oleh Rektor sebagai Dekan FPsi UNM periode 2023-2027 pada bulan Maret yang akan datang. (HF)

Posting Komentar