Suasana Ruang Kelas FPsi yang Tergenang Air.
Sumber: Dok. Pribadi

Psikogenesis, Senin (13/02)- Aktifitas perkuliahan Universitas Negeri Makassar (UNM) untuk semester genap Tahun Ajaran 2022-2023 dilaksanakan hari ini termasuk di Fakultas Psikologi (FPsi) UNM. Sayangnya, perkuliahan terganggu akibat banjir yang mulai menggenang menyusul hujan deras yang mengguyur kawasan Kota Makassar sejak dini hari (13/02) tadi membuat ruang-ruang kelas yang ada di FPsi menjadi tergenang, hal ini membuat aktivitas belajar mengajar pada beberapa mata kuliah yang diselenggarakan secara luring tidak dapat berjalan dengan normal.

Salah satu mahasiswa FPsi, Nurul Miftah mengatakan bahwa kelas yang seharusnya diselenggarakan secara luring terpaksa harus didaringkan, namun karena informasi yang lambat sehingga dia dan beberapa teman-temannya terlanjur berangkat ke kampus.

"Mengenai perkuliahan hari ini, full (baca: penuh) dialihkan menjadi daring, sejujurnya informasi dari pihak fakultas atau dosen sangat terlambat, karena kebetulan jadwal kuliah saya pagi tadi pukul 07.30 sedangkan informasi baru diberikan sekitar pukul 07.50, sehingga saya dan beberapa teman saya yang sudah terlanjur jalan menuju ke kampus dan terjebak banjir sehingga tidak dapat mengikuti perkuliahan hari ini," jelas mahasiswa yang akrab disapa Mifta ini. 

Mahasiswa lainnya yang bernama Muh. Hijril Razak mengatakan bahwa pihak fakultas sebaiknya mengumumkan sebelumnya sebagai langkah antisipasi dari hal-hal yang tidak diinginkan yang mungkin menimpa mahasiswa saat akan ke kampus. 

"Karena ini merupakan fenomena alam yang tidak dapat dihindari, jadi sebaiknya mahasiswa diperingatkan sebelumnya di grup kampus atau lewat apapun itu sedini mungkin, agar teman-teman yang mau ke kampus mungkin bisa mengantisipasi, sehingga beberapa kendala seperti kendaraan yang bermasalah atau dirinya yang mungkin jatuh sakit dapat dihindari," jelas mahasiswa yang akrab disapa Hijril ini. 

Dia menambahkan bahwa dirinya berharap pihak fakultas dapat mengatasi masalah tersebut, mengingat telah dilakukannya perbaikan drainase yang ada di kawasan FPsi.

"Semoga kedepannya dapat diantisipasi apalagi beberapa waktu terakhir fakultas sudah memperbaiki drainase, tapi tidak dapat dipungkiri bahwa aliran air berasal dari sekitar kampus sehingga hal seperti ini sulit untuk dihindari," tambahnya.

Dari pihak fakultas sendiri sudah merespon hal ini melalui surat edaran yang dikeluarkan oleh Dekan FPsi UNM siang tadi (baca: Surat Edaran tentang Aktivitas Perkuliahan dan Administrasi) dimana beberapa aktivitas diantaranya perkuliahan dialihkan untuk sementara menjadi daring hingga kondisi membaik. (PHS)

Posting Komentar