Ilustrasi Inaugurasi.
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis



Psikogenesis, Sabtu (18/03)- Angkatan 2022 Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) diduga melakukan pengumpulan uang iuran untuk kegiatan Inaugurasi angkatan, Formatur Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) FPsi UNM mengaku tidak mengetahui akan hal itu.

Andika Aldilah Syuraih, Formatur Presiden BEM Kema FPsi UNM menjelaskan bahwa dari pihak BEM Kema sendiri tidak pernah melakukan himbauan terkait kepanitiaan Inaugurasi angkatan 2022.

"Belum pernah ada himbauan pelaksanaan Inaugurasi," jelas mahasiswa dengan panggilan Andika tersebut.

Selanjutnya, Andika mengungkapkan bahwa sebelumnya angkatan 2022 sudah pernah melakukan komunikasi terkait pelaksanaan Inaugurasi angkatan. Namun, dikarenakan struktur kepengurusan BEM Kema belum rampung, maka Andika menyampaikan bahwa belum bisa melakukan persiapan terkait Inaugurasi angkatan 2022.

"Mereka (baca: angkatan 2022) pernah komunikasi tentang hal itu, tapi saya sampaikan bahwa perampungan struktur kabinet juga belum ada, pelantikan juga belum. Maka dari itu kita tidak bisa melakukan persiapan atau kegiatan berkaitan dengan Inaugurasi," ungkapnya.

Terkait pengumpulan iuran yang dilakukan oleh angkatan 2022, Andika mengaku bahwa dia terkejut akan hal tersebut dan tidak mengetahui sebelumnya bahwa angkatan 2022 akan melakukan pengumpulan iuran masing-masing dari mereka.

"Saya sebenarnya kaget melihat berita seperti itu. Hal itu mungkin bentuk inisiatifnya mereka. Tapi itu bukan hal yang mesti dibenarkan," akunya.

Kemudian, Andika menghimbau kepada Bapak Suku angkatan 2022 untuk mengembalikan uang yang telah dikumpulkan apabilah memang sudah ada yang terkumpul.

"Saya menghimbau ke Bapak Sukunya untuk mengembalikan dana tersebut, takutnya jatuhnya itu pungli (baca: pungutan liar)," himbaunya.

Untuk kedepannya, Andika mengutarakan bahwa akan dilakukan komunikasi kepada angkatan 2022 dan memberikan pemahaman kepada mereka terkait mekanisme kepanitiaan.

"Mungkin lebih memahamkan ke angkatan 2022 untuk mekanisme-mekanisme yang harus mereka lakukan," ujarnya.

Terakhir, Andika menyampaikan bahwa agar tidak langsung menyalahkan pihak angkatan 2022, dan komunikasikan terkait alasan mereka melakukan hal tersebut.

"Kita lihat dulu pandangannya Bapak Suku, kita juga harus pahami kenapa mereka lakukan itu, jadi kita tidak bisa menyalahi begitu saja," tutupnya. 

Hingga berita ini diterbitkan belum ada konfirmasi dari perwakilan angkatan 2022 terkait pengumpulan iuran. (ZET)

Posting Komentar