Perwakilan Fakultas Psikologi dalam Seleksi Tingkat Universitas NUDC.
Sumber: Dok. Pribadi

Psikogenesis, Minggu (02/04)- Abdul Gilang Tawakal bersama Andi Megawati M. Mardhatillah selaku tim 1 dan Ni Made Ayu Shri Gith Widhiyowati bersama Muh. Rifqi Rayhan selaku tim 2 mendapatkan gelar masing-masing Juara II dan IV wakili Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) pada Seleksi Tingkat Universitas National University Debating Competition (NUDC) pada Kamis-Jumat (30-31/03) kemarin.

Muh. Rifqi Rayhan selaku perwakilan tim 2 yang mendapatkan Juara IV dalam ajang tersebut menjelaskan bahwa NUDC merupakan kompetisi debat Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (PUSPERNAS) dan melibatkan seluruh mahasiswa Indonesia.

“Diadakan PUSPERNAS dengan melibatkan seluruh Indonesia, dimana perdebatan yang menggunakan Bahasa Inggris,” jelasnya.

Mahasiswa yang kerap disapa Rifqi ini menjelaskan bahwa terdapat tiga tahapan untuk mengikuti kegiatan NUDC, dimulai dengan seleksi fakultas, kemudian seleksi universitas, dan terakhir akan lomba antar wilayah.

“Yang berhasil diseleksi oleh kampus akan ikut ke tahap selanjutnya, dimana mereka akan debat dengan seluruh universitas yang ada di Sulawesi Selatan, dan jika berhasil lolos dari tahap itu maka akan masuk ke tahap terakhir dimana mereka akan berkumpul dengan finalis lainnya dari berbagai provinsi,” jelas Rifqi.

Mahasiswa angkatan 2019 itu juga menuturkan bahwa terdapat empat tim yang berpartisipasi pada kegiatan seleksi tingkat universitas, yang terdiri dari Program Studi (Prodi) Psikologi, Manajemen dan Bahasa Inggris.

“Satu tim itu ada dua orang, dua tim dari Prodi Psikologi, satu dari Prodi Manajemen, dan satunya dari Prodi Bahasa Inggris,” tuturnya.

Andi Megawati M. Mardhatillah yang merupakan perwakilan tim 1 yang mendapatkan Juara II Seleksi Tingkat Universitas NUDC menyebutkan beberapa prestasi Mahasiswa FPsi pada seleksi tingkat universitas tersebut.

“Untuk saya sendiri dan Abdul Gilang Tawakal itu secara tim kami Juara II tingkat universitas, untuk Gilang secara Individu mendapatkan gelar Terbaik III Best Speaker (baca: pembicara terbaik) dan akan menjadi Delegasi UNM ke Seleksi Tingkat Wilayah, untuk Ni Made Ayu Shri Githa Widhiyowati dan Muh. Rifqi Rayhan itu Juara IV tingkat universitas,” sebutnya.

Sebagai penutup, Ni Made Ayu Shri Githa Widhiyowati atau yang akrab disapa Gita selaku rekan Rifqi dalam tim 2 mengutarakan harapannya agar kegiatan NUDC semakin baik dan semakin berkembang kedepannya.

“Semakin baik lagi kedepannya, terus berkembang, persiapannya semoga lebih matang lagi dari tahun ini, serta semakin banyak mahasiswa-mahasiswa lain yang berminat untuk meramaikan kegiatannya agar bakat-bakat dalam bidang ini bisa disalurkan,” tutupnya. (AAA)

Posting Komentar