Foto Bersama dalam Pelatihan Asertif oleh Kelompok 2 BKP UPTD PPA bersama ABH.
Sumber: Dok. Pribadi

Mahasiswa kelompok 2 Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Proyek Kemanusiaan Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Kota Makassar telah melaksanakan program kerja, yaitu "Pelatihan Asertif pada Anak Berhadapan Hukum (ABH) di UPTD PPA Kota Makassar" pada hari Sabtu (20/05) lalu. Kegiatan ini dikoordinir oleh anggota kelompok 2 BKP PPA yang terdiri dari 4 orang, yaitu Amira Nur Khalifah, Asmaya Farisyah, Nadila Syarif, dan Nurul Islamiyah.

Pelatihan ini adalah salah satu program kerja kelompok 2 yang dilakukan agar Anak Berhadapan Hukum (ABH) dapat menambah pengetahuan mengenai perilaku asertif untuk diterapkan di berbagai situasi, mampu membela diri sendiri mengatakan tidak, menanggapi kritik atau hinaan pada situasi tertentu, mampu menyampaikan dan menghargai pendapat orang lain, dan mampu meningkatkan kesetaraan hubungan dengan menjalin kerjasama dengan orang lain.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala UPTD PPA Kota Makassar, Muslimin. Pelatihan diawali dengan pemberian skala kepada peserta untuk mengukur tingkat perilaku asertif ABH. Kemudian dilanjutkan pemberian materi komunikasi asertif, dan pelatihan awareness oleh Dosen Psikologi UNM, Novita Maulidya Jalal. 

Amira selaku salah satu anggota kelompok 2 mengungkapkan harapannya untuk peserta yang telah mengikuti pelatihan agar dapat menerapkan ilmu yang didapatkan serta mengucapkan rasa terima kasih atas partisipasi peserta dalam kegiatan ini.

"Semoga seluruh peserta training (baca: pelatihan) nya, bisa dan mampu menerapkan tips dalam melakukan komunikasi asertif. Sebagai fasilitator, kami mengucapkan banyak terima kasih telah mengorbankan waktu, pikiran, dan usaha dalam menghadiri training yang diselenggarakan oleh kami," ungkapnya.

Salah satu ABH peserta pelatihan mengungkapkan bahwa kegiatan ini membawa banyak manfaat, salah satunya banyak ilmu yang didapat. Peserta juga mengungkapkan kekagumannya diberi ilmu oleh dosen, dan merasa kegiatan ini menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi mereka.

"Kegiatannya bagus ki, banyak ilmu saya dapat, biasa ja ka diajar sama guru di sini bisa ki diajar sama dosen, kegiatannya juga menyenangkan," ungkapnya.

Posting Komentar