Suasana Kelas SD Pertiwi Makassar.
Sumber: Dok. Pribadi

Kelompok Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) di Sekolah Dasar (SD) Pertiwi Makassar telah melaksanakan salah satu program kerja BKP yaitu "MoTiv (Motor and Cognitive) Games" dengan para siswa kelas 1, 2, dan 3 yang dilaksanakan sejak Senin (06/03) hingga Jumat (19/05). Kelompok BKP Pertiwi beranggotakan 3 orang yaitu Annisa Safitri, Mutmainnah, dan Susanti. 

Annisa Safitri selaku penanggung jawab program kerja menyebutkan bahwa awal kegiatan ini dimulai dengan mahasiswa BKP melakukan observasi terhadap siswa saat proses pembelajaran berlangsung. Jika siswa menunjukkan sikap atau perilaku jenuh dalam belajar, maka mahasiswa memberitahu akan memberikan games (permainan) di akhir pembelajaran. 

"Jika siswa mulai terlihat bosan, melamun, tidak memperhatikan guru, di situ kami mulai untuk memberitahu siswa bahwa akan diberikan games diakhir pembelajaran, asalkan tugasnya diselesaikan. Jadi games-nya itu sebagai reward (baca: hadiah) untuk memunculkan motivasi belajar siswa sekaligus untuk melatih kemampuan kognitif dan motorik siswa," ucapnya.

Hasil observasi setelah pelaksanaan program kerja ini menunjukkan kelas terasa lebih hidup dan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran selanjutnya.

Sebagai penutup, Nur Eka Pratiwi selaku guru mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) mengungkapkan bahwa pemberian permainan pada akhir sesi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta motivasi untuk bersekolah.

"Pemberian games di akhir pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar hingga motivasi murid lebih tinggi sebab setiap selesai, murid mengatakan minggu depan ingin belajar lagi, dan sering bertanya pelajaran apalagi yang akan diajarkan nanti, serta games yang akan diberikan," tutupnya.

Posting Komentar