Perwakilan Mapres dari Setiap Fakultas di UNM.
Sumber: Dok. Pribadi

Psikogenesis, Senin (01/05) - Nur Athirah Hadis, kembali raih prestasi sebagai Mahasiswa Berprestasi (Mapres) I Tingkat Universitas Negeri Makassar (UNM) sebagai perwakilan Fakultas Psikologi (FPsi) dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tingkat Universitas Tahun 2023 pada Selasa (18/04) lalu di Ballroom B Gedung Phinisi UNM.

Nur Athirah Hadis atau yang akrab disapa Athirah ini menjelaskan bahwa Pilmapres Tingkat Universitas tahun 2023 ini diikuti oleh sembilan Mapres perwakilan dari tiap-tiap fakultas di UNM.

"Pesertanya itu Mapres satu sampai sembilan dari fakultas yang ada di UNM yang telah mengikuti seleksi Pilmapres di fakultas masing-masing dan menjadi juara 1," jelas mahasiswa dengan sapaan Athirah tersebut.

Berdasarkan pengumuman oleh Wakil Rektor (WR) III pada Kamis (27/04) yang lalu, mengungkapkan bahwa podium Pilmapres diikuti oleh Nur Athirah Hadis dari FPsi sebagai Juara I, Reza Safutri dari FEB sebagai Juara II, dan Annisa Rifah Rahman dari FIB sebagai Juara III.

Selanjutnya, Athirah menyebutkan bahwa dalam ajang Pilmapres Tingkat Universitas tersebut dihadiri langsung oleh WR III UNM, sementara Dewan Juri terdiri dari seluruh Wakil Dekan (WD) III dari sembilan fakultas yang ada di UNM.

"Dewan juri terdiri dari seluruh WD III sembilan fakultas di UNM. Proses Pilmpares dibuka oleh Wakil Rektor 3 UNM," sebut Athirah.

Lebih jauh, Athirah menjelaskan dalam Pilmapres Tingkat Universitas ini meliputi beberapa agenda, diantaranya membuat gagasan kreatif tentang Sustainable Development Goals (SDGs), dilanjutkan dengan video presentasi. Selain itu, para peserta juga menyediakan 10 capaian unggulan. Terakhir, para peserta mempresentasikan gagasan kreatif.

"Dimulai dari membuat gagasan kreatif tentang salah satu poin SDGs, lalu membuat video presentasi dalam Bahasa Inggris tentang salah satu poin SDGs, dan juga menyiapkan 10 Capaian Unggulan berupa sertifikat-sertifikat provinsi, nasional, maupun internasional. Kemudian ada sesi presentasi gagasan kreatif yang telah dibuat selama 10 menit," jelas Athirah.

Setelah seleksi di tingkat universitas, Athirah menjelaskan bahwa para peserta yang berhasil akan lanjut pada tahap seleksi tingkat wilayah. Mereka akan bertanding dengan mahasiswa berprestasi dari universitas lain yang ada di Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara.

"Selanjutnya masuk ke tahap seleksi tingkat wilayah. Jadi semua yang Juara 1 Mapres di masing-masing universitas akan bertanding lagi di tingkat wilayah," jelasnya.

Akhir kata, Athirah berharap dia bisa menjadi inspirasi untuk terus semangat dalam mengejar impian dan terus meningkatkan diri agar dapat memberikan manfaat bagi orang lain.

"Saya berharap bisa menjadi inspirasi bagi teman-teman lainnya untuk bisa terus semangat berjuang meraih apa yang diinginkan dan terus belajar menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain," tutupnya. (NND)

Posting Komentar