Kegiatan Senam Bersama Lansia dalam Kegiatan Sehat Bersama Lansia.
Sumber: Dok. Pribadi

Tim Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bantaeng melaksanakan kegiatan senam di Lapangan Pantai Seruni pada Sabtu (25/02) yang lalu.

Kegiatan senam dan talk show dengan lansia sebagai target peserta diharapkan mampu menjaga komunikasi yang baik dan menjadi wadah untuk bertemu dan berbagi bersama lansia. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak permasalahan dalam kehidupan sehari-hari para lansia yang akan berpengaruh pada kesehatan mereka.

Sri Ratna Sari Bulan sebagai salah satu anggota kelompok BKP Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Bantaeng menjelaskan bahwa kegiatan senam dan talk show merupakan upaya menjaga kesehatan fisik dan mental lansia.

"Merupakan salah satu upaya untuk menjaga kesehatan fisik dan mental dari para lansia," jelasnya.

Selanjutnya, mahasiswa dengan sapaan Ratna tersebut menyebutkan bahwa rangkaian kegiatan dalam 'Sehat Bersama Lansia' meliputi senam, skrining kesehatan, dan talk show sebagai ajang sosiaslisasi akan pentingnya kesehatan mental di masa lansia, juga untuk menanamkan pola hidup sehat di masyarakat khususnya bagi lansia.

"Kegiatan senam ini merupakan salah satu program kerja kami, dan lansia menjadi sasaran dari program kerja ini. Senam lansia ini kami harapkan dapat bermanfaat serta memberikan edukasi kepada para lansia, selain dari itu kami berharap senam lansia ini dapat memberikan pemahaman kepada para lansia pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental di masa lanjut usianya," sebutnya.

Lebih jauh, Farida sebagai salah satu peserta dalam kegiatan senam dan talk show tersebut mengutarakan bahwa senam dan sosialisasi yang telah dilakukan merupakan kegiatan yang bermanfaat bagi mereka.

"Kegiatan senam dan sosialisasi ini merupakan kegiatan yang bermanfaat, karena adanya tanya jawab dengan ahli sehingga menambah wawasan saya,”ujarnya.

Tidak jauh berbeda dengan Hamida yang juga merupakan peserta dalam kegiatan tersebut menyebutkan bahwa acara yang diselenggarakan sangan menyenangkan dan bermanfaat bagi mereka

"Seru sekali, bisa senam dan sekalian konsultasi dengan dokter, gratis pula," sebutnya.

Sebagai penutup, Ramlah selaku Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bantaeng mengapresiasi kegiatan tersebut karena dapat menjadi wadah perkumpulan serta menambah wawasan bagi para lansia.

"Program mahasiswa magang ini sangat bagus dan bermanfaat sekali," tutupnya. 

Posting Komentar