Tim UNM dalam Seleksi NUDC Tingkat Wilayah.
Sumber: Dok. Pribadi 

Psikogenesis, Kamis (18/05)- Tim Universitas Negeri Makassar (UNM) yang terdiri dari Atifa Dila Syamsuri dan Chandra Dewi Taruna berhasil lanjut pada final round ajang National University Debating Competition (NUDC) tingkat nasional bersama tim lain dari berbagai universitas setelah berlomba dalam NUDC tingkat wilayah yang dilaksanakan pada Rabu-Jumat (10-12/05) lalu secara daring.

Abdul Gilang Tawakal selaku N1 Adjudicator dalam NUDC seleksi tingkat wilayah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) IX, menjelaskan bahwa NUDC region qualification merupakan tahap seleksi NUDC tingkat wilayah yang dilaksanakan secara daring dengan mempertandingkan beberapa universitas dalam kelompok LLDIKTI yang se-wilayah.

"NUDC region qualification merupakan seleksi tingkat wilayah yang mempertandingkan beberapa universitas dari kelompok LLDIKTI yang se-wilayah, contohnya UNM termasuk ke LLDIKTI IX yang tergabung dalam wilayah enam," jelas mahasiswa dengan sapaan Gilang tersebut.

Selanjutnya, Gilang menyebutkan bahwa dari NUDC tingkat wilayah tersebut, universitas yang mencapai poin standar yang telah ditetapkan akan lanjut dalam tahap NUDC final round yang akan dilaksanakan secara luring di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa pada Juni mendatang.

"Universitas-universitas yang berhasil mencapai poin tertinggi, biasanya diambil enam hingga delapan tim per-LLDIKTI akan lanjut ke NUDC final round," sebutnya.

Lebih lanjut, Gilang menjabarkan tahap dalam pelaksanaan seleksi NUDC tingkat wilayah yang dilaksanakan dalam kurun waktu tiga hari dengan total enam babak, dimulai pada Rabu (10/05) lalu dengan agenda pembukaan, babak satu, dan babak dua. Kemudian dilanjutkan pada Kamis (11/05) dengan agenda babak tiga sampai lima, dan hari terakhir pada Jumat (12/05) menjalankan babak enam, announcement for nation final round, regional semifinal, dan terakhir final round.

"Kita ada babak penyisihan sebanyak enam babak untuk mengumpulkan poin terbanyak. Delapan tim dengan poin terbanyak secara overall region masuk ke babak semifinal seleksi regional, tapi yang menentukan masuk tidaknya tim ke final round nasional itu dari akumulasi babak penyisihan untuk masing-masing LLDIKTI. Jadi bisa saja ada tim yang lolos ke final round nasional tapi tidak lolos semifinal regional, contohnya UNM dan beberapa universitas lain," jelasnya.

Sebagai penutup, Gilang mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung dan berharap agar pihak-pihak tersebut dapat memberikan dukungan secara penuh sampai pada tingkat nasional. Dirinya juga berharap agar tim UNM mampu memberikan hasil yang terbaik.

"Terima kasih untuk pihak-pihak yang sudah mendukung kami di seleksi regional kemarin, terutama Wakil Rektor III, Wakil Dekan III Fakultas Psikologi UNM, serta Komunitas Debat UNM. Semoga pihak-pihak tersebut dan pihak lain yang relevan dengan kegiatan ini bisa berpartisipasi dan mendukung penuh terkait persiapan tim UNM menuju NUDC final round. Dan pastinya kami berharap bisa memberikan yang terbaik untuk final round," tutupnya. (WSM)

Posting Komentar