Pelaksanaan Program "The Star" di Kalla Aspal.
Sumber: Dok. Pribadi

Tim mahasiswa Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Mandiri Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) bekerja sama dengan departemen Human Capital Business Partner (HCBP) dan General Affair (GA) Kalla Aspal membantu pelaksanaan program culture (budaya) yang bernama "The Star" pada periode Maret-Juni 2023 bertempat di Wisma Kalla, Jl. Dr. Sam Ratulangi, No. 8-10, Makassar. 

Hayatul Mutmainnah Ardin selaku anggota tim menuturkan bahwa program ini merupakan culture Kalla Aspal yang bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada karyawan yang memiliki kedisiplinan tinggi yang didasarkan atas attendance absensi dan total keterlambatan di setiap bulannya. Dalam perwujudannya, tim BKP melakukan analisis absensi karyawan kantor pusat selama periode Maret hingga Juni 2023. Melalui analisis ini, tim BKP mengidentifikasi karyawan yang menunjukkan konsistensi kedisiplinan begitupun sebaliknya. 

"Jadi tujuannya itu adalah bentuk penghargaan dan apresiasi kepada karyawan yang punya kedisiplinan tinggi. Hal ini dilihat dari analisis absensinya mulai dari waktu kedatangan hingga konsistensi untuk melakukan absensi. Hal ini bukan hanya dapat melihat karyawan yang memiliki kedisiplinan tinggi, tapi juga mampu mengidentifikasi karyawan yang kurang disiplin," tuturnya. 

Mursalaat yang juga merupakan anggota tim turut menuturkan bahwa para karyawan yang memiliki kriteria terdisiplin didasarkan atas ketepatan waktu dan kehadiran yang konsisten, pencapaian tersebut akan diberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi yang telah diberikan. Karyawan dengan predikat The Star merupakan teladan yang baik dalam menjaga integritas dan tanggung jawab terhadap tugas-tugas mereka.

"Jadi dalam satu periode bulanan kami menghitung kehadiran setiap karyawan serta menghitung total keterlambatan pada absen kedatangan, kami juga melihat kepatuhan karyawan dalam melakukan konfirmasi absen jika sedang cuti, dinas luar ataupun hal-hal yang mengakibatkan karyawan tidak dapat absen ataupun ke kantor," tutur mahasiswa yang kerap disapa Aat ini.

Annisa Yurna Megarezky selaku Culture Booster Kalla Aspal menjelaskan bahwa hal ini merupakan culture Kalla Aspal yang diharapkan mampu mendorong dan meningkatkan motivasi kerja serta kedisiplinan karyawan melalui indikator-indikator penilaian yang ada.

"Dalam The Star ini tentu ada banyak indikator yang dijadikan acuan, di dalamnya juga ada reward (baca: hadiah) bagi mereka yang memiliki kedisiplinan tinggi, untuk itu hal ini sangat diharapkan mampu meningatkan motivasi kerja serta kedisiplinan karyawan karena the star ini sifatnya diumumkan setiap akhir bulan," jelasnya.

Sebagai penutup, Mursalaat dan Hayatul berharap bahwa metode penilaian hendaknya lebih dioptimalkan lagi agar lebih kompleks dan betul-betul bermanfaat bagi karyawan.

"Kalau dari kami semoga metode perhitungan dan penilaian yang digunakan bisa lebih ditingkatkan dan dimatangkan supaya menghindari kesalahan-kesalahan dan betul-betul bisa memberikan manfaat," tandasnya.

Posting Komentar